Serbaserbi

Tindak Kejahatan yang Pernah Dilakukan Memakai Drone

Anehdidunia.com – Drone merupakan perangkat menyerupai helikopter mini yang bisa dikendalikan dari jauh layaknya radio kontrol. Karena drone bisa terbang tinggi dan tidak memerlukan fasilitas penunjang yang mahal layaknya pesawat, drone sekarang kerap digunakan untuk mengambil foto dari ketinggian.

Namun layaknya pisau yang memiliki 2 sisi tajam, semakin maraknya penggunaan drone juga menyebabkan perangkat ini mulai banyak disalahgunakan oleh orang-orang yang memiliki niat buruk. Berikut ini adalah 5 tindak kejahatan yang pernah dilakukan dengan memakai drone.

Mengintip

Mengintip
Mengintip via ichi.pro

John Henson adalah seorang pria asal Utah, Amerika Serikat. Suatu hari di tahun 2017, John baru saja selesai mandi dan hendak bersiap-siap untuk pergi bekerja. Namun ia kemudian mendengar suara aneh di luar jendela kamar mandinya.

Saat itulah, John melihat ada drone yang melayang tepat di luar jendela kamar mandinya. Drone tersebut bukanlah drone biasa, melainkan drone yang sudah dipasangi kamera.

Saat John memergoki drone tersebut, drone yang bersangkutan langsung terbang menjauh. Namun John tidak mau kalah. Ia langsung mengejar drone tadi hingga akhirnya drone tersebut mendarat dengan sendirinya di halaman parkir sebuah gereja.

John kemudian membawa drone tersebut ke kantor polisi dan melaporkan kejadian yang baru saja menimpanya. Saat polisi memeriksa drone tersebut, drone yang bersangkutan ternyata sudah diplester di bagian lampunya sehingga dronenya bisa terbang di kegelapan malam tanpa ketahuan.

Polisi juga memeriksa kamera yang terpasang pada drone dan menemukan gambar-gambar vulgar di dalamnya. Drone tersebut ternyata digunakan untuk mengintip dan mengambil gambar orang-orang yang sedang berada di dalam rumah tanpa izin.

Polisi berhasil menemukan pemilik drone tersebut karena sang pemilik drone sempat merekam dirinya sendiri beserta plat nomor kendaraan miliknya. Maka, polisi pun langsung mengeluarkan pengumuman lewat akun Facebook resmi mereka.

Dalam pengumuman yang sama, polisi meminta kepada pemilik drone untuk menyerahkan diri karena identitas mereka sudah ketahuan. Tidak lama kemudian, Aaron Foote dan Terisha Norviel pergi ke kantor polisi setempat untuk menyerahkan diri mereka sambil mengakui perbuatan tidak senonoh yang sudah mereka lakukan.

Menyelundupkan Narkoba

Menyelundupkan Narkoba
Menyelundupkan Narkoba via okezone.com

Kemajuan teknologi menyebabkan para pengedar narkoba turut beradaptasi supaya bisa menyelundupkan narkoba tanpa ketahuan. Drone menjadi salah satu metode yang dipilih untuk menyelundupkan narkoba ke dalam kompleks penjara yang notabene memiliki pengamanan berlapis dan dilindungi tembok tebal.

Di negara bagian Ohio, Amerika Serikat, drone sempat digunakan untuk menyelundupkan narkoba ke dalam kompleks penjara Mansfield. Drone tersebut mengangkut narkoba jenis heroin dan ganja.

Setelah berhasil mencapai sasarannya, drone tersebut langsung menjatuhkan paket narkoba ke bawahnya. Namun keberhasilan drone tersebut dalam menjalankan tugasnya langsung diikuti dengan keributan yang tidak diduga.

Para tahanan terlibat perkelahian karena mereka sama-sama menginginkan narkoba tersebut. Saat perkelahiannya berlangsung semakin parah, polisi pun terpaksa turun tangan. Mereka harus membubarkan para tahanan yang sedang berkelahi dengan memakai semprotan merica.

Sesudah berhasil memadamkan kerusuhan, polisi kemudian menggeledah para tahanan yang berjumlah hampir 200 orang untuk menemukan ada tidaknya narkoba yang mungkin mereka sembunyikan. Polisi juga menjebloskan sejumlah tahanan ke dalam sel isolasi atas tuduhan ikut terlibat dalam kerusuhan.

Mengintip Nomor PIN ATM

Mengintip Nomor PIN ATM
Mengintip Nomor PIN ATM via 20minutes.fr

Mesin ATM sekarang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Pasalnya dengan memakai mesin ATM, seseorang bisa mengirim atau menerima uang tanpa harus berlama-lama mengantri di bank.

Seseorang yang hendak pergi ke ATM selalu diwanti-wanti untuk tidak pernah mencatat nomor PIN miliknya ataupun memberitahukannya pada orang lain. Alasannya tidak lain karena jika nomor PIN seseorang sampai bocor, maka orang yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkannya untuk mengambil uang dari rekening milik korbannya.

Supaya nomor PIN milik masing-masing nasabah senantiasa berada dalam kondisi aman, bilik ATM biasanya dilengkapi dengan kamera pengawas. Tombol-tombol yang ada pada mesin ATM juga ditempatkan dalam posisi yang agak tersembunyi supaya orang lain tidak bisa melihat saat seseorang mengetikkan nomor PIN miliknya.

Namun hal tersebut tidak lantas menghentikan niat orang-orang yang ingin membobol paksa rekening milik orang lain. Di Templepatrick, Irlandia Utara, seseorang pernah menerbangkan drone miliknya di dekat mesin ATM supaya bisa melihat nomor PIN yang dimasukkan oleh orang tersebut dari kejauhan.

Tindakan terlarang yang dilakukan oleh drone tersebut pada akhirnya berhasil diketahui oleh orang yang ada di lokasi. Drone tersebut spontan langsung terbang melarikan diri ke arah lain. Namun di tengah perjalanan, drone tersebut bertabrakan dengan taksi dan hancur.

Polisi berhasil menemukan pemilik drone dan memintanya membayar ganti rugi kepada sang pemilik taksi. Namun karena polisi tidak bisa membuktikan kalau pemilik drone ini memiliki niat buruk terhadpa rekening bank milik orang lain, pemilik drone tersebut tidak sampai ditahan.

Menyerang Polisi

Menyerang Polisi
Menyerang Polisi via liputan6.com

Drone bukan hanya bisa digunakan untuk menyelundupkan barang-barang terlarang, tetapi juga untuk mengganggu kinerja polisi itu sendiri. Ada beragam metode yang pernah digunakan oleh geng kriminal dengan memakai drone supaya polisi tidak bisa menghentikan sepak terjang mereka.

Di sebuah kota di Amerika Serikat pada tahun 2017, FBI pada awalnya hendak melakukan operasi pembebasan sandera. Mereka sudah menempatkan sejumlah personilnya di titik-titik tertentu untuk mengawasi perkembang situasi terkini di lapangan.

Saat itulah, personil FBI yang bertugas menjadi pengawas langsung dikeroyok oleh sekawanan drone. Akibatnya, FBI tidak bisa menjalankan misinya karena mereka yang seharusnya bertindak sebagai “mata” malah sibuk melindungi dirinya sendiri dari gangguan drone.

Dalam kasus lain, geng kriminal akan menerbangkan drone di dekat kantor polisi sambil mengawasi orang-orang yang keluar masuk kantor polisi. Jika yang keluar masuk dari kantor polisi adalah warga sipil, geng kriminal tadi akan menguntit orang tersebut untuk mencari tahu apakah orang yang bersangkutan merupakan saksi mata dari kasus yang melibatkan mereka.

Di Australia, drone juga pernah digunakan oleh geng kriminal setempat untuk membantu aktivitas penyelundupan mereka. Saat melakukan penyelundupan, mereka juga akan menerbangkan drone di sekitar lokasi. Begitu drone tersebut melihat ada polisi yang pergi menuju lokasi penyelundupan, para anggota geng bisa langsung pergi melarikan diri sambil menyembunyikan barang bukti.

Membunuh

Membunuh
Membunuh via inverse.com

Saat kelompok militan ISIS masih aktif di wilayah Irak dan Suriah, kelompok tersebut diketahui sangat giat memanfaatkan aneka macam teknologi terkini untuk membantu perjuangannya.

Drone merupakan contoh dari perangkat canggih yang digunakan oleh ISIS untuk keperluan perang. Saat pasukan Irak berhasil merebut kembali kota Mosul pada tahun 2017, pasukan Irak menemukan sejumlah bangunan yang digunakan oleh ISIS sebagai pabrik drone.

Drone pada dasarnya adalah pesawat kecil yang bisa dikendalikan dari jauh. Oleh karena itulah, ISIS memanfaatkan drone layaknya pesawat tempur. Drone-drone tersebut dilengkapi dengan persenjataan yang berbeda-beda untuk menyesuaikan sasaran penyerangannya.

Ada 2 tipe drone yang dikembangkan oleh ISIS untuk keperluan ini. Drone tipe pertama bisa mengangkut bom kecil dan dioperasikan layaknya pesawat pembom mini. Saat drone ini berada di atas sasarannya, drone tersebut akan langsung menjatuhkan muatan bomnya.

Drone tipe kedua juga dilengkapi dengan bom. Namun drone yang satu ini difungsikan layaknya pasukan bunuh diri. Saat drone tipe ini sudah berada dekat dengan sasarannya, drone tersebut akan langsung menabrakkan diri dan kemudian meledak bersama dengan sasarannya.

Sumber :

10 Crimes Committed Using A Drone

https://www.defenseone.com/technology/2018/05/criminal-gang-used-drone-swarm-obstruct-fbi-raid/147956/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.