Serbaserbi

5 Benda Aneh yang Pernah Dikenakan oleh Pemain Sepak Bola Saat Bertanding

Anehdidunia.com – Seiring dengan kian majunya teknologi kamera dan penyiaran, para penonton kini bisa melihat para pemain dari dekat dengan lebih mudah. Dampaknya, mengenali wajah masing-masing pemain beserta benda yang tengah dikenakannya kini semakin mudah. Berikut ini adalah 5 contoh benda aneh yang pernah dipakai oleh pemain sepak bola saat bertanding.

Masker

Masker
Masker via cnnindonesia.com

Sejak wabah Covid-19 merebak, masker menjadi pemandangan yang kian banyak dijumpai. Pasalnya masker diketahui bisa membantu mencegah penyebaran virus Covid-19 yang menyerang saluran pernapasan.

Melihat orang-orang yang beraktivitas di tempat umum sambil mengenakan masker sudah menjadi pemandangan yang jamak. Namun bagaimana jika yang mengenakan masker adalah pemain sepak bola dan mereka mengenakan masker di tengah-tengah lapangan pertandingan?

Hal itulah yang terjadi di Brazil pada bulan Maret 2020. Saat Gremio hendak bertanding melawan Sao Luiz, para pemain Gremio nampak mengenakan masker saat memasuki lapangan pertandingan.

Usut punya usut, para pemain Gremio ternyata melakukan hal tersebut untuk memprotes kebijakan federasi sepak bola Brazil yang tetap ngotot melanjutkan liga meskipun wabah Covid-19 tengah ganas-ganasnya melanda dunia.

Federasi sepak bola Brazil sendiri pada waktu sudah melarang penonton untuk masuk ke stadion. Namun pihak Gremio tetap merasa tidak puas. Menurut mereka, selama wabah masih belum bisa dikendalikan, maka kompetisi sepak bola Brazil sebaiknya dihentikan sementara.

Meskipun para pemain Gremio tidak menyukai sikap federasi, mereka tetap berkomitmen menjalankan pertandingan ini demi menghormati lawan mereka yang sudah jauh-jauh bertandang ke Stadion Gremio.

Supaya para pemain Gremio bisa bertanding sebaik mungkin, mereka pun beramai-ramai melepas maskernya saat pertandingan sudah dimulai. Pertandingan ini sendiri berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk Gremio.

Helm

Helm
Helm via indosport.com

Petr Cech adalah nama dari penjaga gawang kelahiran Republik Ceko. Penggemar sepak bola dunia umumnya mengenal pemain ini sebagai pemain andalan klub Chelsea karena Cech memang sempat bermain untuk klub berbaju biru tersebut dari tahun 2004 hingga 2015. Selama Cech bermain, Chelsea dikenal sebagai salah satu klub dengan pertahanan terbaik di Liga Inggris.

Cech juga terkenal karena di hampir setiap pertandingannya, ia nampak mengenakan helm lunak berwarna hitam. Alasan Cech memakai helm itu sendiri bukan untuk gaya-gayaan semata, tetapi juga untuk melindungi dirinya sendiri.

Semuanya bermula ketika pada tanggal 14 Oktober 2006, Chelsea bertanding melawan Reading. Di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan, Cech bertabrakan dengan pemain Reading yang bernama Stephen Hunt.

Naas bagi Cech, ia terhantam lutut Hunt saat keduanya sedang memperebutkan bola di kotak penalti. Akibatnya, Cech pun mengalami cedera parah dan harus ditarik keluar. Saat diperiksa, ternyata Cech mengalami retak pada tulang tengkoraknya.

Cech harus absen selama berbulan-bulan akibat cedera yang dideritanya tersebut. Ia baru kembali bermain pada bulan Januari 2007 saat Chelsea bertanding melawan Liverpool. Dalam pertandingan itu pulalah, untuk pertama kalinya Cech memakai helm pelindung supaya ia tidak kembali mengalami cedera serupa.

Meskipun Cech kini harus memakai helm di setiap pertandingannya, helm tersebut nampaknya tidak banyak berpengaruh bagi Cech. Ia tetap menjadi sosok yang tangguh di bawah gawang dan memiliki peran besar dalam membantu Chelsea menjuarai aneka turnamen. Salah satu kontribusi terbesarnya adalah ketika ia membawa Chelsea memenangkan adu penalti di final Liga Champions 2012.

Topeng Spider-Man

Topeng Spider-Man
Topeng Spider-Man via indosport.com

Siapa yang tidak tahu Spider-Man? Tokoh komik ini amat terkenal sebagai sosok lincah yang bisa memanjat dinding dan menciptakan jaring bak laba-laba sungguhan. Tingginya popularitas Spider-Man tidak lepas dari fakta bahwa karakter ini sudah berulang kali muncul di media film, game, hingga kartun.

Dalam setiap aksinya, Spider-Man selalu mengenakan topeng berwarna merah dan bergaris-garis untuk menyembunyikan identitasnya. Namun topeng Spider-Man sendiri ternyata bukan hanya dapat dijumpai di ranah fiksi.

Jonas Gutierrez adalah nama dari pemain tengah kelahiran Argentina yang pernah membela klub Inggris, Newcastle United. Di Newcastle pulalah, Jonas dijuluki sebagai “Spider-Man” berkat selebrasinya yang unik.

Setiap kali Jonas berhasil mencetak gol, ia akan merayakan golnya dengan cara memakai topeng Spider-Man. Supaya nampak semakin mirip dengan karakter Spider-Man, Jonas juga bakal membuat gerakan memakai tangannya seolah-olah ia sedang menembak jaring.

Selain dikenal dengan perayaannya yang unik, Jonas juga dikenal sebagai pemain yang serba bisa. Pasalnya pemain yang gemar menguncir rambutnya ini bisa bermain di banyak posisi. Mulai dari gelandang sayap, gelandang tengah, hingga bek sayap.

Kacamata

Kacamata
Kacamata via republika.com

Melihat orang memakai kacamata bukanlah hal yang aneh. Bagi orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan, memakai kacamata bisa membantu memperbaiki penglihatan mereka. Sementara bagi mereka yang memiliki penglihatan normal, memakai kacamata dengan warna dan model tertentu bisa membuat penampilan orang tersebut nampak semakin menarik.

Kacamata sendiri terkenal sebagai benda yang mudah pecah atau mudah patah. Oleh sebab itulah, orang-orang normalnya tidak akan memakai kacamata saat sedang berolah raga. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi pemain yang satu ini.

Edgard Davids adalah nama dari pemain sepak bola asal Belanda dengan perjalan karir yang cukup cemerlang. Saat masih aktif bermain, pemain berambut panjang ini pernah memperkuat klub-klub besar seperti Juventus, Ajax, hingga Barcelona.

Davids juga terkenal karena saat bertanding, ia kerap terlihat mengenakan kacamata. Davids sendiri memakai kacamata bukan untuk penampilan semata. Karena Davids memiliki glaukoma pada matanya, Davids pun sejak itu harus mengenakan kacamata pelindung yang bentuknya menyerupai kacamata renang.

Meskipun harus memakai kacamata saat bertanding, hal tersebut tidak lantas membuat Davids merasa minder saat berada di atas lapangan. Pemain berdarah Suriname ini justru amat disegani oleh kawan dan lawannya karena selalu bermain ngotot di setiap pertandingan. Sampai-sampai ia dijuluki sebagai “Pitbull” (sejenis anjing yang terkenal akan kekuatannya).

Bra

Artem Dobvyk
Artem Dobvyk via fajar.co.id

Jika mendengar kata bra, maka orang-orang seketika akan membayangkan pakaian dalam yang biasa dikenakan oleh kaum wanita. Namun kalau di ranah sepak bola, bra ternyata bukan hanya dikenakan oleh kaum wanita. Kaum pria pun juga ada yang mengenakan bra.

Pada perhelatan Euro 2020 lalu, publik sepak bola dunia terheran-heran saat melihat pertandingan antara Ukraina melawan Swedia. Dalam pertandingan tersebut, pemain Ukraina yang bernama Artem Dobvyk berhasil mencetak gol.

Bukan gol tersebut yang membuat publik sepak bola kebingungan, melainkan apa yang terjadi saat Dobvyk merayakan gol. Ketika Dobvyk membuka bajunya, ia terlihat sedang mengenakan benda menyerupai bra berwarna hitam.

Walaupun terlihat konyol, ternyata ada alasan khusus mengapa Dobvyk – beserta pesepak bola lainnya – mengenakan bra. Bra tersebut bukanlah bra biasa, melainkan bra yang dilengkapi dengan aneka macam perangkat canggih.

Saat pemain mengenakan bra khusus tersebut, hal-hal seperti senyut jantung, kecepatan, hingga laju yang sudah ditempuh oleh pemain bisa terekam lewat bra tadi. Dengan begitu, pelatih dan staf tim bisa langsung tahu apakah pemain tersebut bermain lebih ngotot atau lebih malas daripada biasanya. Hal tersebut kemudian bisa dijadikan patokan oleh pelatih jika ia ingin mengubah taktik atau melakukan pergantian pemain.

Sumber :

https://www.bbc.com/sport/football/51901138

https://en.wikipedia.org/wiki/Petr_%C4%8Cech

https://en.wikipedia.org/wiki/Jon%C3%A1s_Guti%C3%A9rrez

https://en.wikipedia.org/wiki/Edgar_Davids

https://www.nationalworld.com/sport/football/why-do-footballers-wear-bras-ukrainian-footballer-artem-dovbyk-appeared-to-reveal-sports-bra-after-goal-3291733

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.