Serbaserbi

Hewan Berbahaya yang Racunnya Bermanfaat Bagi Manusia

Anehdidunia.com – Beberapa hewan memiliki taring atau sengat yang beracun. Karena racunnya itulah, manusia memandang hewan-hewan beracun dengan penuh rasa takut. Namun seiring dengan kian majunya teknologi, manusia kini mulai melihat kalau racun hewan tidak selalu membawa kematian, tapi justru bisa membantu menyelamatkan nyawa. Berikut ini adalah 5 contoh hewan yang racunnya berguna bagi manusia

Siput Kerucut

Siput Kerucut
Siput Kerucut via dictio.id

Siput kerucut adalah siput laut yang diberi nama demikian karena hewan ini memang memiliki cangkang berbentuk kerucut. Selain berbentuk unik, cangkang kerucut juga seringkali nampak berwarna warni.

Meskipun penampilan siput tersebut sungguh mengundang rasa penasaran manusia untuk memegangnya, siput kerucut aslinya tidak boleh dipegang sembarangan. Pasalnya hewan tersebut bisa menembakkan jarum beracun jika merasa terancam.

Namun racun siput kerucut tidak selalu membawa bahaya bagi manusia. Racun hewan ini juga diyakini bisa membantu menyelamatkan nyawa jutaan orang di seluruh dunia. Pasalnya menurut penelitian, racun siput kerucut bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan malaria.

Racun siput kerucut mengandung senyawa yang bisa membantu mencegah parasit penyebab malaria menjangkiti sel-sel tubuh. Ilmuwan berharap kalau hasil penelitian ini bisa menjadi solusi terhadap penyakit-penyakit malaria tertentu yang sulit diobati memakai metode pengobatan yang lama.

Manfaat racun siput kerucut bagi manusia belum berhenti sampai di sana. Hasil penelitian lain menunjukkan kalau racun siput kerucut bisa diolah menjadi obat untuk mengobati sistem syaraf. Ilmuwan juga berharap kalau di masa depan, racun siput kerucut bisa digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit berbahaya yang belum ada obatnya seperti AIDS dan Covid-19.

Lebah

Lebah
Lebah via mongabay.co.id

Lebah sudah lama dipandang sebagai hewan yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya karena dari hewan inilah, manusia bisa mendapatkan madu. Bagi kalangan petani, lebah juga dipandang sebagai hewan yang bermanfaat karena lebah bisa membantu menyerbuki bunga sehingga tanaman menjadi lebih mudah berkembang biak.

Meskipun bermanfaat, lebah juga ditakuti oleh manusia. Pasalnya serangga loreng ini memiliki sengatan yang beracun dan amat menyakitkan.

Hal yang lebih memusingkan lagi adalah jika lebah menyengat manusia, sengatnya akan terlepas dari tubuhnya dan terus menancap di kulit manusia. Selama sengatnya masih menancap, selama itu pula manusia korbannya akan terus merasa sakit.

Namun di balik bahaya yang bisa ditimbulkan oleh sengatan lebah, ternyata sengatan lebah juga memiliki manfaat. Sengatan lebah bisa digunakan sebagai metode pengobatan alternatif layaknya akunpuntur.

Bedanya adalah jika akupuntur biasa menggunakan jarum untuk ditusukkan pada tubuh pasiennya, maka terapi akupuntur lebah memakain lebah yang disengatkan pada pasien. Terapi akupuntur memakai sengat lebah dikabarkan bisa digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit seperti radang sendi.

Namun terapi akupuntur lebah bukanlah terapi tanpa bahaya. Selain bisa menimbulkan rasa perih pada pasiennya, mereka yang kebetulan memiliki alergi terhadap racun lebah juga bisa meninggal akibat terapi ini.

Meskipun begitu, terapi ini tetap saja dijalankan oleh sejumlah orang karena mereka merasa kalau terapi ini memang membawa efek manjur. Gwyneth Paltrow adalah salah satunya. Aktris yang terkenal lewat film Iron Man tersebut mengaku menjalani terapi akunpuntur lebah untuk menghilangkan cedera lamanya.

Kalajengking

Kalajengking
Kalajengking via arachnidaguy.blogspot.com

Kalajengking adalah hewan kecil yang amat ditakuti oleh manusia. Racun yang dimiliki oleh kalajengking menjadi penyebab utamanya. Racun kalajengking terletak di bagian ujung ekornya yang tajam. Dengan racunnya itulah, kalajengking bisa melumpuhkan mangsa dan mempertahankan diri.

Semua kalajengking memang memiliki racun, namun hanya sedikit kalajengking yang racunnya cukup kuat untuk membunuh manusia. Jika seseorang terkena sengatan kalajengking, orang tersebut bakal merasakan perih, demam, hingga sesak napas.

Meskipun racunnya berbahaya, ternyata racun kalajengking banyak dicari oleh manusia. Saking tingginya minat manusia akan racun kalajengking, racun hewan ini pun dihargai dengan amat tinggi. Satu galon racun kalajengking konon harganya bisa mencapai 39 juta dollar (sekitar 56 milyar rupiah).

Lantas, kenapa racun kalajengking bisa dihargai demikian tinggi? Jawabannya adalah karena racun hewan ini mengandung komponen yang amat berharga bagi dunia medis. Racun kalajengking yang sudah diolah bisa digunakan untuk mengobati penyakit- penyakit seperti multiple sclerosis (semacam penyakit syaraf), radang saluran pencernaan, hingga radang sendi.

Ular

Ular
Ular via ceknricek.com

Ular adalah hewan melata yang amat mudah dikenali berkat tubuh yang panjang dan tidak berkaki. Hewan ini juga ditakuti karena beberapa jenis ular memiliki racun yang cukup kuat untuk membunuh manusia. Ular derik dan ular kobra adalah beberapa contoh jenis ular yang terkenal akan racunnya yang mematikan.

Ular menggunakan racunnya untuk membunuh mangsa dan mempertahankan diri. Racun ular dikeluarnya oleh taringnya yang terletak di rahang atas. Ular biasanya menyuntikkan racun dengan cara menggigit, namun ular tertentu semisal kobra peludah bisa menyemburkan racunnya dari jarak jauh.

Meskipun berbahaya, racun ular ternyata banyak dicari oleh manusia. Alasan pertama adalah karena penawar racun ular hanya bisa diciptakan dari racun ualr yang sama. Untuk menciptakan penawar racun, racun dari ular tersebut akan disuntikkan ke dalam tubuh hewan lain, misalnya kuda.

Darah kuda tersebut kemudian diambil dan olahan karena darahnya kini mengandung antibodi yang cocok untuk menangkal efek racun ular. Hasil olahan itulah yang digunakan sebagai penawar racun pada manusia.

Namun manfaat racun ular bagi manusia masih belum berhenti sampai di sana. Karena racun ular memiliki efek melemahkan otot dan mencegah pembekuan darah pada korbannya, racun ular pun bisa memberi manfaat bagi manusia jika diolah dan digunakan pada kondisi yang tepat.

Contoh obat yang menggunakan racun ular dalam proses pembuatannya adalah captropil. Obat tersebut biasanya digunakan untuk mengobati orang-orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Lipan

Lipan
kumparan.com

Lipan atau kelabang adalah sejenis hewan yang mudah dikenali berkat tubuhnya yang panjang dan kakinya yang berjumlah banyak. Hewan ini sudah lama ditakuti oleh manusia karena hewan ini bisa memberikan gigitan yang menyakitkan.

Rasa takut manusia pada lipan hanya semakin menjadi karena hewan ini bergerak dengan amat cepat. Tidak jarang lipan justru berlari ke arah manusia sehingga memberikan kesan bahwa lipan tersebut ingin menyerang manusia.

Kenyataannya adalah jika lipan bergerak ke arah manusia, lipan tersebut bukan ingin menyerang manusia, tapi hanya ingin berlindung di bayangan manusia. Kebetulan kelabang memang menyukai tempat-tempat yang gelap.

Lipan juga terkenal sebagai hewan yang beracun. Racun itulah yang menyebabkan gigitan lipan terasa menyakitkan bagi manusia. Bagi lipan sendiri, fungsi racun tersebut adalah untuk melumpuhkan hewan-hewan kecil yang menjadi mangsanya.

Meskipun racun lipan memang berbahaya, bukan berarti hewan ini lantas harus dijauhi sepenuhnya. Belakangan, ilmuwan menemukan manfaat yang dikandung oleh racun lipan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Australia dan China, racun lipan diketahui mengandung protein yang bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Lipan menggunakan racunnya untuk melumpuhkan sistem syaraf mangsanya. Hal inilah yang coba dipahami oleh ilmuwan. Jika protein pada racun lipan bisa digunakan untuk menghinggapi sistem syaraf yang menangani rasa sakit, maka rasa sakit yang dialami oleh orang tersebut bisa dihilangkan. Kemudian tidak seperti morfin, obat berbahan racun lipan tidak akan menimbulkan efek ketagihan bagi penggunanya.

Sumber :

https://www.bbc.com/news/health-43513817

https://www.sciencedaily.com/releases/2021/02/210218094534.htm

https://edition.cnn.com/2015/07/15/health/deadly-venom-saves-lives/index.html

https://www.vice.com/id/article/epdmmj/daftar-cairan-termahal-di-dunia-sperma-kuda-sampai-racun-kalajengking

https://theconversation.com/centipede-venom-could-lead-to-new-class-of-pain-drug-18768

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.