Serbaserbi

Kartu Merah Paling Aneh yang Pernah Terjadi dalam Sejarah Sepak Bola

Anehdidunia.com – Dalam pertandingan sepak bola, menerima kartu merah merupakan hal yang paling tidak diharapkan oleh masing-masing tim. Pasalnya sekali kartu merah keluar, maka tim yang bersangkutan harus melanjutkan permainan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit. Namun selain meninggalkan pro kontra, ada pula momen-momen di mana keluarnya kartu merah justru ditanggapi secara jenaka karena kartu merahnya dikeluarkan dalam situasi yang tidak biasa.

Dikartu Merah Saat Baru Bermain 20 Detik

Dikartu Merah Saat Baru Bermain 20 Detik
Dikartu Merah Saat Baru Bermain 20 Detik via thefactsource.com

Lee Todd adalah nama dari seorang pesepak bola asal Inggris. Karena lebih banyak menghabiskan karir sepak bolanya di klub divisi bawah, tidak banyak khalayak sepak bola yang mengetahui namanya. Namun insiden yang terjadi pada tanggal akhir Oktober 2000 seketika melambungkan popularitasnya.

Pada tanggal tersebut, dilangsungkan pertandingan antara Cross Farm Park Celtic dan Taunton East Reach Wanderers di Somerset. Dalam pertandingan tersebut, Todd yang saat itu berstatus sebagai pemain Cross Farm Park Celtic menempati posisi striker.

Seperti pertandingan lainnya, wasit memulai pertandingan ini dengan cara meniup peluitnya. Todd yang kebetulan berada di dekat wasit spontan memegangi telinganya sambil mengeluarkan kata-kata kasar karena wasit membunyikan peluit tepat di samping telinga kanan Todd.

Apa yang terjadi kemudian sungguh di luar dugaan Todd. Hanya berselang dua detik setelah wasit memulai permainan, wasit mengeluarkan kartu merah kepada Todd. Kartu merah tersebut dikeluarkan karena Todd dianggap menghina wasit.

Todd mencoba menjelaskan kepada wasit kalau alasan ia mengeluarkan kata kasar adalah bunyi peluit tadi membuat telinganya terasa sakit. Namun wasit tidak mau mendengarkan penjelasannya. Todd pun harus pergi meninggalkan lapangan lebih dini, sekaligus menjadi pemain dengan rekor kartu merah tercepat yang pernah ada.

Mimpi buruk bagi Todd ternyata masih belum berhenti sampai di sana. Ia juga harus menerima denda sebesar 27 poundsterling dan larangan bermain selama 35 hari. Satu-satunya hal positif dari peristiwa ini adalah namanya kemudian muncul di media-media nasional Inggris.

Dikartu Merah Setelah Menerima 3 Kartu Kuning

Dikartu Merah Setelah Menerima 3 Kartu Kuning
Dikartu Merah Setelah Menerima 3 Kartu Kuning via kompas.com

Jika seorang pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras, maka pemain tersebut bisa dijatuhi hukuman kartu kuning oleh wasit.

Pemain yang menerima kartu kuning memang masih boleh melanjutkan pertandingan. Namun ia sesudah itu ia harus bermain secara lebih berhati-hati supaya tidak menerima kartu kuning lagi. Pasalnya jika seorang pemain sampai menerima 1 kartu kuning lagi, pemain tersebut bakal diberi kartu merah dan diharuskan meninggalkan pertandingan saat itu juga.

Namun peristiwa yang berbeda terjadi pada bulan Juni 2006, tepatnya dalam pertandingan fase grup Piala Dunia antara Australia melawan Kroasia. Karena kedua tim pada waktu itu sama-sama masih berpeluang lolos dari fase grup, pertandingan antara keduanya pun berlangsung sengit dan banyak diwarnai kartu kuning.

Josip Simunic adalah salah satu pemain yang menerima kartu kuning dalam pertandingan tersebut. Bek Kroasia tersebut pada awalnya menerima kartu kuning pada menit ke-61. Kemudian menjelang berakhirnya pertandingan, Simunic menerima kartu kuning keduanya.

Pada tahap ini, wasit seharusnya langsung mengeluarkan kartu merah untuk mengusir Simunic. Namun ia justru langsung melanjutkan pertandingan sehingga Simunic tetap bisa mengikuti pertandingan. Wasit baru mengusir Simunic pada menit ke-93 saat pemain tersebut menerima kartu kuning ketiganya.

Graham Poll yang bertindak sebagai wasit dalam pertandingan tersebut kemudian menjelaskan bahwa saat Simunic melakukan pelanggaran kartu kuning keduanya, ia salah menuliskan nama. Akibatnya, Poll pada waktu itu mengira kalau Simunic baru menerima 1 kartu kuning. Sesudah pertandingan ini, Poll tidak pernah lagi memimpin pertandingan dalam Piala Dunia.

Wasit Diberi Kartu Merah oleh Maskot

Wasit Diberi Kartu Merah oleh Maskot
Wasit Diberi Kartu Merah oleh Maskot via sindonews.com

Dalam pertandingan normal, hanya wasit yang berhak mengeluarkan kartu merah. Namun hal yang sedikit berbeda terjadi dalam pertandingan Liga Jerman yang berlangsung pada awal April 2017.

Pertandingan tersebut mempertemukan musuh bebuyutan Borussia Dortmund melawan Schalke. Menjelang berakhirnya pertandingan, pemain Dortmund nampak menyentuh bola memakai tangannya di kotak penalti timnya sendiri.

Para pemain dan staf Schalke spontan meminta wasit memberikan penalti, namun wasit menolak memberikannya karena ia tidak melihat peristiwa tersebut. Wasit justru malah memberikan kartu merah kepada seorang staf pelatih Dortmund karena ia tidak bisa menerima keputusan wasit.

Maskot Erwin yang kebetulan berada di dekat lokasi kejadian lantas memungut kartu merah dan mengacungkannya ke arah wasit. Namun tentu saja, kartu merah yang diacungkan oleh Erwin tersebut tidak memberi dampak apa-apa karena hanya wasit yang boleh mengeluarkan kartu kuning dan merah.

Kemarahan Erwin dan anggota tim Schalke cukup bisa dimengerti karena akibat keengganan wasit memberikan penalti, Schalke gagal memenangkan pertandingan dan harus puas dengan skor imbang 1-1.

Wasit Memberi 36 Kartu Merah Dalam 1 Pertandingan

Wasit Memberi 36 Kartu Merah Dalam 1 Pertandingan
ilustrasi Wasit Memberi 36 Kartu Merah Dalam 1 Pertandingan via bole.net

Dalam pertandingan yang berlangsung keras, melihat wasit mengacungkan lebih dari 1 kartu merah bukanlah hal yang aneh. Namun sebanyak apapun kartu merah yang pernah dikeluarkan oleh wasit dalam satu pertandingan, tidak ada yang jumlah kartu merahnya bisa menandangi kartu merah dalam pertandingan ini.

Pertandingan yang dimaksud di sini adalah pertandingan divisi lima Argentina antara Claypole melawan Victoriano Arenas yang berlangsung pada tahun 2011. Pertandingan ini sudah berlangsung panas sejak awal karena ada 1 pemain yang dikartu merah pada babak pertama.

Namun saat pertandingan memasuki babak kedua, kedua tim sama-sama tidak bisa lagi mengendalikan diri. Semuanya bermula ketika pemain bernomor punggung 7 yang baru dikartu merah mengejek lawannya dari tepi lapangan.

Pemain lawan yang terpancing langsung meninju si pemain bernomor 7. Tidak terima karena rekannya dipukul, pemain yang memukul tadi ganti dikeroyok oleh rekan-rekan si nomor 7. Kerusuhan pun langsung timbul di lapangan setelah semua pemain dan staf pelatih terlibat aksi saling pukul.

Aksi tawuran ini baru berhenti setelah wasit menghentikan pertandingan dan polisi melerai kedua tim. Seusai pertandingan, wasit menghampiri ruang ganti kedua tim untuk memberikan 36 kartu merah kepada semua pemain dan staf pelatih masing-masing tim. Pertandingan ini sekaligus menjadi pertandingan dengan rekor jumlah kartu merah terbanyak di dunia.

Wasit Memberi Kartu Merah Kepada Anjing

Wasit Memberi Kartu Merah Kepada Anjing
Wasit Memberi Kartu Merah Kepada Anjing via sport.detik.com

Ada-ada saja peristiwa yang terjadi di Serbia ini. Dalam pertandingan persahabatan antara Radnicki 1923 Kragujevac melawan Kolubara Lazarevac, wasit mengeluarkan kartu merah dalam pertandingan yang berlangsung pada awal Februari 2021 tersebut.

Apa yang membuat kartu merah tersebut nampak sungguh tidak lazim adalah karena yang diberi kartu merah bukanlah pemain atau pelatih, melainkan anjing.

Usut punya usut, anjing tersebut berulang kali memasuki pertandingan karena mengejar-ngejar bola. Akibatnya, pertandingan pun sempat beberapa kali terhenti. Setiap kali anjing berwarna hitam tersebut dikeluarkan, anjing tersebut bakal kembali memasuki lapangan.

Tidak lama setelah anjing tersebut memasuki lapangan untuk keempat kalinya, wasit pun mengacungkan kartu merah kepada anjing tersebut supaya anjingnya tidak diperbolehkan lagi masuk ke lapangan. Pertandingan pun dilanjutkan dan berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Kolubara.

Momen di mana wasit mengacungkan kepada anjing sempat terekam dalam foto yang kemudian diunggah ke internet. Foto tersebut kemudian menjadi viral dan ditanggapi secara beragam oleh netizen. Sambil bercanda, seorang netizen berkomentar kalau wasit pertandingan tersebut seharusnya dihukum karena sudah merusak kesenangan sang anjing.

Sumber :

https://www.sportbible.com/football/news-community-funny-its-been-20-years-since-the-fastest-red-card-in-football-history-20201030

https://www.givemesport.com/1484708-on-this-day-in-2006-graham-poll-showed-three-yellow-cards-to-josip-simunic-at-world-cup

https://apnews.com/article/b53e0df43aba40fdbb15c2dfede0d852

https://www.sportbible.com/football/news-the-dirtiest-game-in-football-history-saw-the-referee-dish-out-36-reds-20201130

https://indianexpress.com/article/trending/trending-globally/dog-sent-off-by-referee-serbia-7178304/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.