Serbaserbi

WOW Benda Aneh yang Pernah Ditemukan oleh Manusia di Dalam Patung

Anehdidunia.com – Sejarah patung bisa dibilang sama tuanya dengan sejarah peradaban manusia. Pasalnya di masa lampau, banyak patung yang didirikan untuk keperluan pemujaan. Patung-patung inilah yang kemudian menjadi aset berharga bagi kalangan sejarawan untuk mempelajari sejarah bangsa-bangsa di masa lampau.

Karena patung memiliki struktur 3 dimensi, sejumlah patung dilengkapi dengan rongga atau ruangan kecil di dalamnya untuk menyimpan sesuatu. Berikut ini adalah benda-benda aneh yang pernah ditemukan oleh manusia di dalam patung.

Narkoba

patung berisi narkoba
ilustrasi patung berisi narkoba via tempo.co.id

Narkoba adalah benda yang dilarang di hampir setiap negara akibat dampak negatif yang ditimbulkannya pada tubuh manusia. Untuk mencegah masuknya narkoba dari luar negeri, petugas perbatasan pun giat melakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang yang hendak memasuki negara mereka.

Namun hal tersebut tidak lantas membuat pengedar narkoba merasa takut. Karena narkoba memiliki tingkat permintaan yang tinggi dan harga jual yang mahal, mereka pun melakukan segala cara supaya bisa menyelundupkan barang haram ini.

Menggunakan patung menjadi salah satu metode kreatif yang digunakan oleh pengedar narkoba supaya bisa menyelundupkan narkoba tanpa diketahui oleh petugas. Namun layaknya peribahasa “sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya akan jatuh juga”, nyatanya modus tersebut tetap bisa dibongkar oleh petugas.

Contoh dari kasus demikian pernah terjadi pada tahun 2010 lalu di Kolombia. Pada awalnya, penyelundup narkoba mencoba mengirimkan narkoba dari Kolombia ke Spanyol dengan cara menyimpannya dalam patung replika Piala Dunia. Namun sebelum patung tersebut berhasil dikirimkan ke negara tujuannya, petugas di bandara berhasil mengetahui isi patung tersebut.

Kasus serupa juga pernah terjadi di Amerika Serikat. Penyelundup asal Meksiko mencoba mengirimkan patung berisi narkoba seberat 3 kilogram ke Texas, Amerika Serikat. Namun layaknya peristiwa yang terjadi di Kolombia, petugas juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ini berkat bantuan anjing pelacak.

Patung Emas

Patung Emas
Patung Emas via worldking.com

Phra Phuttha Maha Suwan Patimakon adalah patung raksasa setinggi 2,7 meter yang berasal dari Bangkok, Thailand. Patung ini menampilkan sosok Buddha yang sedang duduk bersila. Pada awalnya, patung ini dianggap sebagai patung keagamaan biasa karena patung yang bersangkutan nampak terbuat dari batu.

Phra Phuttha Maha Suwan Patimakon dibuat di India pada abad ke-13 atau 14. Kemudian pada tahun 1801, patung ini tiba di Bangkok dan kemudian dipajang di Kuil Wat Chotanaram. Kemudian pada tahun 1935, patung ini dipindahkan ke Wat Traimit.

Karena patung ini berukuran begitu besar dan nampaknya bukanlah patung yang bernilai tinggi, Phra Phuttha Maha Suwan Patimakon sempat dibiarkan terlantar begitu saja di luar ruangan hingga bertahun-tahun lamanya. Supaya patungnya tidak cepat rusak, patung tersebut hanya ditutupi dengan atap timah.

Tahun 1955, terjadi kecelakaan saat patung tersebut hendak dipindahkan ke kuil lain di Bangkok. Pada saat itulah, fakta sebenarnya mengenai patung ini berhasil terungkap. Akibat terjatuh, lapisan semen yang menyelubungi patung ini mengalami kerusakan sehingga emas yang ada di dalam patung kini menjadi terlihat.

Para pekerja lantas beramai-ramai menghancurkan lapisan luar patung ini. Phra Phuttha Maha Suwan Patimakon ternyata aslinya merupakan patung yang terbuat dari emas 18 karat. Patung tersebut diyakini sengaja diselubungi dengan lapisan semen pada abad ke-18 supaya patung yang bersangkutan tidak dibawa kabur oleh pasukan Myanmar saat menginvasi wilayah Thailand.

Uang Kertas Kuno

Uang Kertas Kuno
Uang Kertas Kuno via cnn.com

Uang merupakan benda yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Dengan memakai uang, seseorang bisa membeli barang atau jasa yang diinginkannya. Dengan pengecualian untuk uang koin logam, uang terbuat dari lembaran kertas supaya mudah disimpan dan dibawa dalam jumlah banyak.

Penggunaan uang kertas sendiri ternyata sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Pada tahun 2016, ilmuwan Australia tanpa sengaja menemukan uang kertas yang tersimpan di dalam sebuah patung kayu China. Pada awalnya ia sedang memeriksa patung tersebut sebelum hendak dijual dalam acara lelang.

Tidak seperti uang kertas yang kita kenal sekarang, uang kertas tersebut berukuran jauh lebih besar. Pasalnya uang kertas yang bersangkutan ukurannya hampir sama dengan ukuran kertas surat. Uang kertas ini juga dilengkapi dengan tulisan imbauan kepada penggunanya untuk melapor kepada pihak berwajib jika ada yang membuat versi tiruan dari uang kertas ini.

Pemeriksaan pada uang kertas ini menunjukkan kalau uang kertas yang sama berasal dari tahun 1371, tahun di mana Dinasti Ming masih berkuasa di China. Pada masa itu, penggunaan uang kertas masih belum seluas sekarang. Pasalnya di luar China, orang-orang umumnya masih menggunakan uang yang terbuat dari koin logam sebagai alat transaksinya.

Gigi Manusia

Gigi Manusia
Gigi Manusia via gizmodo.com

Restorasi merupakan hal yang lazim dilakukan pada benda-benda yang sudah berusia tua dan memiliki nilai sejarah tinggi. Tujuannya supaya benda tersebut tidak sampai mengalami kerusakan sehingga masih bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang sebagai bukti sejarah di masa lampau.

Hal itulah yang awalnya hendak dilakukan oleh tim ilmuwan pada tahun 2014. Mereka pada awalnya berniat melakukan restorasi pada patung Yesus di Meksiko yang sudah berusia 300 tahun.

Namun mereka menemukan hal yang tidak terduga dari patung tersebut saat melakukan pemindaian memakai sinar X. Patung tersebut ternyata memiliki gigi manusia di bagian dalamnya!

Ilmuwan tidak tahu kenapa patung tersebut bisa sampai memiliki gigi manusia. Di Meksiko sendiri, benda-benda semisal paku, gigi, hingga rambut memang kerap ditemukan dalam patung-patung yang sudah berusia tua. Namun biasanya gigi yang ditemukan dalam patung adalah gigi hewan, bukan gigi manusia.

Ilmuwan lantas menduga kalau gigi tersebut berasal dari sumbangan seseorang. Sebelum meninggal, orang tersebut mungkin berpesan supaya giginya kelak disumbangkan ke gereja. Di masa lampau, para jemaat gereja di Meksiko memang kerap menyumbangkan bagian-bagian tubuhnya sendiri ke gereja setempat.

Kerangka Manusia

Kerangka Manusia
Kerangka Manusia via history.com

Sebuah patung Buddha yang berasal dari abad ke-10 ditemukan di Tibet, China selatan. Sepintas, patung tersebut nampak seperti patung biasa. Namun pemeriksaan memakai sinar X pada patung tersebut menunjukkan kalau di dalam patung yang bersangkutan, tersimpan kerangka manusia sungguhan! Kenapa patung tersebut bisa memiliki kerangka manusia di dalamnya?

Ilmuwan meyakini kalau kerangka tersebut aslinya merupakan kerangka seseorang yang bertapa hingga meninggal supaya jasadnya tetap awet. Mula-mula, orang tersebut akan berhenti memakan daging dan hanya memakan kacang, buah, hingga kulit kayu.

Sekitar 1.000 hingga 3.000 hari kemudian, orang tersebut akan mulai berhenti makan sama sekali dan hanya meminum air. Pada tahap ini pulalah, orang tersebut akan bertapa. Karena tubuh tidak mendapat asupan gizi dari makanan, orang tersebut pun akan meninggal dalam posisi masih bertapa.

Di kalangan penganut agama Buddha setempat, kegiatan bertapa hingga meninggal ini dikenal dengan sebutan nyujo. Karena pelaku nyujo tidak pernah lagi mengkonsumsi daging sejak beberapa tahun menjelang akhir hayatnya, jasad orang tersebut nampak berada dalam kondisi awet dan seolah-olah tidak bisa membusuk.

Jasad pelaku nyujo tadi kemudian akan dipajang di dalam kuil selama 2 tahun. Selama periode tersebut, sisa-sisa kulit dan dagingnya akan terurai hingga tinggal menyisakan tulang. Pada tahap inilah, kerangka orang tersebut kemudian akan dimasukkan ke dalam patung.

Sumber :

10 Weird Things We Have Found Inside Statues

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.