Serbaserbi

Amalkan 3 Surat Ini Insya Allah Hidup Bahagia dan Wafat Husnul Khatimah

Kaum muslimin pasti sering berdoa memohon kebahagiaan dunia akhirat dan diwafatkan husnul khatimah. Berikut amalan yang dapat kita amalkan agar termasuk golongan orang-orang yang beruntung tersebut.

Amalan ini tergolong ringan. Apabila diamalkan setiap hari maka rahmat Allah akan turun dan memasukkan kita orang-orang yang dirahmati. Siapa yang istiqamah mengamalkan tiga surat dari Al-Qur’an ini insya Allah hidupnya bahagia.

Inilah tiga surat Al-Qur’an yang sering diamalkan para Ulama. Masing-masing dari surat ini memiliki fadhilah (keutamaan) besar.

1. Surat Al-Waqi’ah

Agar termasuk orang-orang yang dikehendaki Allah mendapat kelapangan rezeki, maka bacalah Surat Al-Waqi’ah setiap hari. Insya Allah amalan ini dapat membuka jalan-jalan rezeki. Gantungkan harapan hanya kepada Allah, Dzat yang melapangkan rezeki.

Dikisahkan ketika Abdullah bin Mas’ud sakit, sahabat Utsman bin Affan datang menjenguk sembari menawarkan bantuan. Abdullah bin Mas’ud menjawab: “Apakah engkau mengkhawatirkan kemiskinan menimpa putri-putriku? Aku telah memerintahkan putri-putriku membaca Surat Al-Waqi’ah setiap malam. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan ditimpa kemiskinan.”

2. Surat Yasin

Amalan lain yang dapat menjadikan seseorang beruntung dan meraih kebahagiaan adalah membaca Surat Yasin setiap hari. Seseorang yang membaca Surat Yasin pada malam hari maka esok paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni. Sebagaimana diterangkan dalam Hadis berikut: “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi dari Abu Hurairah).

Fadhillah Surat Yasin selain untuk orang yang sedang Sakaratul Maut, juga dapat mempermudah urusan. “Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunan Ad-Daarimi Juz 2 halaman 549)

Ibnul Qayyim mengatakan, “Dikhususkannya Yasin karena di dalamnya terkandung ajaran tauhid, tempat kembali, berita gembira tentang surga untuk ahli tauhid dan kegembiraan orang yang meninggal di atas tauhid karena firman-Nya, “Seandainya kaumku mengetahui…” (At-Taysiir 1/390)

3. Surat Al-Mulk

Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu pernah berkata: “Alam kubur adalah tempat pertama sebelum menuju Akhirat. Maka apabila selamat dalam kubur, maka setelahnya lebih ringan, dan jika tidak selamat dalam kubur maka setelahnya lebih berat daripadanya.”

Agar wafat husnul khatimah dan selamat dari azab kubur, salah satu amalannya adalah membaca Surat Al-Mulk setiap malam. Surat ini dikenal dengan nama Surat Tabarok. Disebut juga Surat Al-Mani’ah (penghalang) dan surat Al-Munjiah (penyelamat) yang menyelamatkan seseorang dari azab kubur. Surat dianjurkan dibaca bakda Isya sebelum tidur.

Dari Abu Hurairah, Nabi berpesan: “Satu surat dalam Al-Qur’an (yang terdiri dari) 30 ayat akan memberi Syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu Surat Al-Mulk).”

Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: “Barang siapa membaca ‘Tabarakalladzi bi yadihil Mulk’ (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur.”

Sebagaimana diketahui, Al-Qur’an adalah petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Siapa yang membaca dan mengamalkannya maka ia akan beruntung. Kelak Al-Qur’an akan datang di Hari Kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi orang yang rajin membacanya.

Semoga kita dapat mengamalkan 3 Surat di atas setiap harinya tanpa mengabaikan surat-surat yang lain. Insya Allah kebahagiaan hidup dan wafat husnul khatimah akan kita dapat, tentunya dengan izin Allah Ta’ala.

Allahu A’lam

(rhs) Rusman H Siregar

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.