Berita

Omicron Melonjak, Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Luar Jawa-Bali Hingga 14 Februari – kbr.id

Omicron Melonjak, Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Luar Jawa-Bali Hingga 14 Februari

Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta – Pemerintah kembali mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di Luar Jawa Bali mulai 1 hingga 14 Februari 2022 mendatang.

“PPKM tanggal 1 sampai dengan 14 Februari nanti, jumlah kabupaten kotanya menurun dari jumlah yang level 1 menjadi ada 164 kabupaten kota, kemudian level 2 ada 219 kabupaten kota dan level 3 itu ada 3 kabupaten kota yaitu di Jayawijaya, Yapen, dan kota Jayapura,” kata Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto, usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, hari ini, Senin (31/1/2022).

Airlangga Hartarto menjelaskan, saat ini kasus harian covid-19 varian omicron meningkat menjadi 499 kasus. Jika dirinci, lanjutnya, transmisi lokal sebanyak 496 dan dan kasus yang berasal dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sekitar 3 orang.

Kemudian, tingkat kematian di Luar Jawa Bali per 30 Januari berjumlah 2 orang dan kasus aktifnya adalah 3.326 dari 61.713 kasus aktif secara nasional.

“Artinya proporsi kasus aktif di luar Jawa Bali adalah 5,4 persen. Kita juga harus waspada bahwa terlihat dari kasus reproduksi efektif di Sumatera naik menjadi 1,02 persen, kemudian Kalimantan menjadi 1,01 persen, Maluku 1,08 persen kemudian Papua 1,05 persen, hingga Nusa Tenggara 1,03 persen dan Sulawesi 1 persen,” jelas Menteri Koordinator bidang Perekonomian ini.

Berita lainnya:

Airlangga menambahkan, data dari kementerian Kesehatan menunjukkan beberapa provinsi seperti Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, hingga Papua terdeteksi kasus varian Omicron.

Varian itu, kata dia, telah menyebar dari transmisi lokal.

“Sementara tingkat BOR (bed ocupancy rate/tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit, red) di luar Jawa Bali 7 persen dan secara nasional itu adalah 13,88 persen,” pungkas dia.

Editor: Kurniati Syahdan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.