Keagamaan

Pengumuman Pemenang Esais Muda Pesantren 2021 – Alif.ID

Jakarta-Kompetisi Esais Muda 2021 yang diadakan oleh Alif.id, kami umumkan hari ini, 31 Januari 2022, bertepatan dengan harlah NU yang ke-96.

Dalam prosesnya, ada puluhan peserta yang telah mendaftar dan mengirimkan karyanya dalam bentuk proposal. Tahun ini peserta lebih kompetitif dari lintas provinsi yang meliputi Jawa dan Luar Jawa. Dan peserta perempuan yang cukup dominan, ada 40%.

“Dari puluhan peserta yang mendaftar, kami ambil 5 peserta terbaik yang kemudian dimunaqosyahkan, lalu kami saring lagi untuk diambil 2 peserta terbaik.”ujar Autad, panitia lomba.

Dalam perjalanannya, munaqosyah dari 5 peserta berjalan dengan seru dan menarik. Karena mereka selain aktif di dunia literasi di pesantrennya masing-masing, ia juga mengangkat tokoh-tokoh inspirasi di lingkungan sekitarnya.

Susi Ivvaty, salah satu dewan juri mengatakan agak kesulitan memilih 2 terbaik. Karena mereka semua bagus-bagus, terutama dari aspek penguasaan materi. “Namun karena sesuai prosedur, kami mengambil 2 terbaik yang nantinya akan dilanjut bimbingan dan penulisan buku.”ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Husain Fahasbu, salah satu dewan juri menyatakan, “peserta tampil dengan maksimal dengan mencoba mencari segmen-segmen terbaik dalam tiap tulisannya. Apalagi untuk tahun ini, sewaktu munaqosyah ada satu peserta perempuan. Semoga ke depan makin banyak keterlibatan santri putri dalam berbagai ajang lomba karya tulis ilmiah di berbagai bidang.”ujarnya.

Husain juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alif. ID memberi perhatian serius kepada Ma’had Aly, sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam khas pesantren, dengan mengadakan lomba Esais Muda untuk para santri. Menariknya lomba yg diselenggarakan bukan hanya untuk mencari pemenang tetapi juga sebagai tempat pendampingan secara intens para santri penulis itu. saat membaca dan mendengarkan para santri presentasi ada harapan besar untuk masa depan peradaban Islam di Indonesia. Kerja-kerja keilmuan seperti ini meski tampak sederhana tetapi dampaknya luar biasa.” tambahnya.

Kepada Yuniar Indra Yahya, dari Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang-Jawa Timur, dan Hafidzaturrahmi, dari Ma’had Aly Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai Kalimantan Selatan, kami ucapkan selamat! Anda berdua dinyatakan sebagai pemenang dalam kompetisi Esais Muda Pesantren 2021.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.