Serbaserbi

Amalan Sebelum Tidur agar Terhindar dari Mimpi Buruk dan Gangguan Jin

Amalan sebelum tidur ini hendaknya menjadi amalan yang bisa dilakukan rutin setiap hari oleh kaum muslim. Amalan dan doa sebelum istirahat malam ini, dapat menghindarkan dari mimpi buruk serta gangguan jin . Selain itu, amalan-amalan tersebut dapat membuat tidur kita lebih berpahala.

Tidur sendiri merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala kepada hambaNya, untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Setiap orang pun memiliki beragam kebiasaan yang berbeda beda yang dilakukan sebelum tidur.

Tentang amalan sebelum tidur ini, Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Qur’an maupun As Sunnah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut amalan yang disunnahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan doa yang dapat dilakukan sebelum tidur agar terhindar dari mimpi buruk dan gangguan jin, antara lain:

1. Berwudhu.

Amalan sebelum tidur yang pertama ialah dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu, sebagaimana yang tertuang dalam hadis berikut:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

2. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan Surat An-Naas.

Sebelum tidur angkat dan rapatkan tangan seperti hendak berdoa. Kemudian tiup dan baca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Surat An-Naas masing-masing satu kali. Setelahnya usapkan telapak tangan ke seluruh tubuh yang mudah dijangkau, mulai dari kepala, wajah, tangan, hingga kaki. Lakukan hal tersebut selama tiga kali, sebagaimana dalam hadis HR. Bukhari.

3. Membaca Ayat Kursi.

Ayat kursi merupakan salah satu bacaan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 255. Ayat kursi diyakini dapat menghindarkan kita dari gangguan jin dan setan hingga pagi hari (HR Bukhari no 5017).

4. Berbaring Miring Menghadap ke Arah Kanan.

Doa Agar Terhindar dari Mimpi Buruk

Selain amalan, ada pula doa yang bisa dibaca sebelum tidur agar mencegah dan terhindar dari mimpi buruk. Di antaranya:

1. Baca doa “Allahumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.” (Ibnu Sinni).

2. Baca doa “Allhaumma inii a’uudzu bika min’amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlaam.”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari tingkah laku yang buruk.” (HR. Hakim dan Nasa’i dari Aisyah).

Amalan Wasiat Rasulullah

Sementara itu, dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan ada sebuah riwayat bahwa pada suatu malam menjelang tidur, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepada istrinya Aisyah seraya berkata,

“Wahai Aisyah, janganlah kamu tidur sebelum melakukan empat hal; sebelum mengkhatamkan Al-Qur’an, sebelum membuat para nabi memberi syafaat kelak di hari kiamat, sebelum membuat seluruh kaum muslimin ridha dan sebelum melakukan ibadah haji dan umrah.”

Setelah berkata demikian, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam melanjutkan sholat malamnya dan Sayidah Aisyah sendiri berada di tempat tidur seraya menunggu Nabi shallallahu alaihi wa sallam selesai dari sholatnya untuk menanyakan maksud dari wasiatnya. Akhirnya, setelah Rasulullah selesai sholat, Aisyah langsung bertanya, “Wahai Rasulullah, demi bapak dan ibuku, engkau perintahkan aku melakukan empat perkara yang saat ini tidak mampu aku melakukannya.”

Mendengar pertanyaan Aisyah ini, Nabi Shallalaihi wa sallam kemudian tersenyum. Tak lama setelahnya, Nabi menjelaskan, “Jika kamu membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, maka pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al-Qur’an. Jika kamu membaca shalawat kepadaku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberikan syafaat kepadamu di hari kiamat kelak. Jika kamu memohonkan ampunan untuk seluruh kaum muslimin, maka mereka semua akan ridha kepadamu. Dan jika kamu membaca ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illahu wallahu akbar,’ maka kamu telah melakukan haji dan umrah.”

Wallahu A’lam

(wid) Widaningsih

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.