Berita

Jokowi: Produk Lokal Kalah Saing Lantaran Biaya Logistik Tinggi – kbr.id

Jokowi: Produk Lokal Kalah Saing Lantaran Biaya Logistik Tinggi

Presiden Joko Widodo (tengah) meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa seksi I Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer, Jumat (4/2/2022). (BPMI Setpres)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo berharap produksi pangan petani mampu bersaing dengan produk impor. Itu disampaikan Jokowi saat meresmikan tol Binjai-Stabat, Langkat, Sumatra Utara, hari ini.

Menurut Jokowi, produk pangan yang dihasilkan petani dalam negeri kerap kalah saing oleh produk impor lantaran memiliki harga jual yang lebih mahal.

“Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dibandingkan dengan harga-harga impor. Kita ini sering kalah produk kita dengan barang impor karena harga kita terlalu tinggi. Dan harganya terlalu tinggi itu disebabkan oleh biaya logistik yang mahal, biaya transportasi yang mahal,” kata Jokowi, Jumat (4/2/2022).

Presiden Jokowi meyakini, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol akan membuat produk dalam negeri lebih kompetitif. Kepala Negara juga menjamin, harga yang dikeluarkan petani tidak akan kalah dari produk impor.

Baca juga: Jokowi Minta Nilai Tambah dan Produktivitas Pertanian Digenjot

“Itu disebabkan biaya logistik yang mahal, biaya transportasi yang mahal. Tadi kelihatan ketika kita lihat jeruk, begitu jalannya diperbaiki, ongkos logistik, biaya transportasi turun 75 persen,” katanya.

Hari ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Binjai- Langsa, seksi I Binjai-Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Menurut Jokowi, jalan tol sepanjang 11,8 kilometer itu nantinya akan menghubungkan dua provinsi yaitu, Sumatera Utara dan Aceh. Selain itu, jalan tol ini juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh.

Kata dia, jalan nasional yang terhubung antarprovinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi yang ada di daerah, utamanya daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru. Sehingga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar di berbagai bidang kehidupan.

“Arahnya semuanya ke sana, bukan hanya membangun fisik seperti ini, rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, perkebunan akan menikmati, yang berkaitan pariwisata akan menikmati kalau itu disambungkan semuanya, jalan utama tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi,” ungkapnya.

Editor: Wahyu S.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.