Berita

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022, Ini Prediksi Menko Perekonomian – kbr.id

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022, Ini Prediksi Menko Perekonomian

menko perekonomian, Airlangga Hartarto saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Senin (7/2/22). (Foto: Youtube Setpres)

KBR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2022, akan tumbuh lebih dari 5 persen.

Airlangga optimistis ekonomi masih tetap akan berjalan, meski Indonesia tengah mengalami lonjakan kasus covid-19 varian Omicron.

“BPS mengumumkan bahwa pertumbuhan kita di tahun 2021 year on year 3,69 persen dan pada kuartal 4 sebesar 5,02 persen. Kita tentu mengetahui pertumbuhan kuartal I tahun lalu masih minus 0,7 persen dan tentu kita berharap di kuartal I tahun ini bisa kita dorong di atas 5 persen,” katanya dalam konferensi pers daring, Senin (7/2/2022).

Airlangga Hartarto juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun ini bisa lebih tinggi ketimbang tahun lalu. Salah satunya di kuartal kedua, di mana terdapat momen Ramadan dan hari raya Idulfitri. 

“Pemerintah, menargetkan pertumbuhan ekonomi pada akhir 2022 akan berada di kisaran 4,7 sampai 5,6 persen,” ungkapnya.

Berita lainnya: 

    Pemerintah, lanjut Airlangga, juga menyiapkan anggaran pemulihan untuk menjaga ketahanan ekonomi. 

    “Di 2022, pemerintah mengalokasikan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebesar Rp455,62 triliun,” ungkapnya.

    Dari total anggaran tersebut, kebutuhan sektor kesehatan dialokasikan sebesar Rp122,5 triliun, di antaranya untuk penanganan pasien covid-19 sebesar Rp32,96 triliun.

    Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan anggaran di sektor perlindungan sosial masyarakat sebesar Rp154,8 triliun dan anggaran penguatan ekonomi sebesar Rp178,3 triliun.





    Editor: Kurniati Syahdan

    Leave A Reply

    Your email address will not be published.

    Related Posts

    Load More Posts Loading...No More Posts.