Berita

BKKBN Berkolaborasi Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di 30 Provinsi seluruh Indonesia – kbr.id

BKKBN Berkolaborasi Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di 30 Provinsi seluruh Indonesia

Pengabdian Masyarakat Serentak di Lapas dan Rutan Pada 30 Provinsi “Berkolaborasi Untuk Mengabdi Dengan Hati”.

KBR, Jakarta – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) selenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan “Berkolaborasi Untuk Mengabdi dengan Hati” serentak di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang tersebar di 30 Provinsi seluruh Indonesia, Sabtu, 5 Februari 2022.

Kegiatan ini dilakukan secara daring dan didukung oleh Kementerian Hukum dan HAM, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK KM) Universitas Gajah Mada (UGM), Asosiasi RS TNI-POLRI, YHK1, Koseindo, dan komponen masyarakat lainnya. Sementara itu di lapas dan rutan yang terlibat secara langsung dilakukan penerapan protokol kesehatan dengan ketat.

Pihak Lapas dan Rutan yang terlibat kegiatan kegiatan ini melakukan serangkaian acara, antara lain; vaksinasi, penyuluhan, serta screening yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pemberian layanan kesehatan gratis ini dilakukan secara serentak melalui 47 titik di seluruh Indonesia. Salah satu lapas yang terlibat adalah Lapas Kelas IIA Purwokerto. 

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K) menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. “Meski masih berada di dalam masa pandemi bahkan dalam posisi penyebaran virus omicron yang meningkat, tidak menyurutkan semangat kita, untuk memberikan perhatian dan pelayanan kepada saudara-saudara kita, warga binaan lapas dan rutan.” Kata dr. Hasto.

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K) Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di 30 Provinsi seluruh Indonesia.

Menurut dr. Hasto, menggandeng berbagai pihak untuk bekerjasama dengan misi yang sama dalam mencapai visi tertentu adalah langkah strategis yang patut diambil, sehingga tujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dapat diberikan secara optimal.

Dalam kesempatan ini, dr. Hasto membahas sekilas tentang stunting yang merupakan amanah Presiden RI Joko Widodo untuk dilaksanakan bersama. “Dalam hal perencanaan bangsa Indonesia ke depan, tujuan kita adalah generasi emas tahun 2045. Artinya, bila pada hari ini seorang bayi lahir, maka ditahun 2045, usianya masuk ke dalam kelompok usia produktif yang tentu saja adalah generasi muda,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Pengabdian Masyarakat Serentak di Lapas dan Rutan pada 30 Provinsi Republik Indonesia yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 Februari 2022 ini mendapatkan Rekor Muri yang diserahkan langsung oleh Pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), Jaya Suprana.

Baca juga: BKKBN dan BIN Gelar Vaksinasi bagi Keluarga di RS Hj. Bunda Halimah Kota Batam

Editor: Paul M. Nuh

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.