Keagamaan

Hikmah Rukuk Satu Kali Sementara Sujud Dua Kali Menurut Habib Zein Smith | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Saat shalat seorang muslim melaksanakan rukuk dan sujud. Rukuk dikerjakan satu kali dalam setiap rakaat, sedangkan sujud sebanyak dua. Lantas apakah hikmah rukuk satu kali sementara sujud dua kali?

Pada dasarnya, ibadah yang ada di sholat, kesemuanya berasal dari Allah yang sifatnya Ta’abbudi (dogmatis). Namun meskipun demikian, ada ulama yang mencoba mencari dan menjelaskan alasan setiap gerakan shalat, sekian dengan bacaannya. 

Di antaranya adalah yang disampaikan oleh Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith dalam kitab Al-fawaid Al-mukhtarah li salik tariq al-akhirat. Habib  Zein Smith menjelaskan mengenai mengapa rukuk dilakukan sejumlah satu kali, dan sujud dikerjakan sejumlah 2 kali.  

Ia mengatakan adapun hikmah tersebut disebabkan malaikat mengimani perintah Allah untuk sujud kepada Nabi Adam, dan ia sujud sekali lagi sebagai terima kasih pada Allah. 

Simak penjelasan Habib Zein bin Ibrahim bin Smith berikut ini dalam Al-fawaid Al-mukhtarah li salik tariq al-akhirat,halaman 122:

الحكمة في أن السجود مرتان والركوع مرة واحدة قيل: لأن الملائكة لما سجدوا لآدم ورفعوا رؤوسهم وجدوا إبليس لم يسجد، فغلموا أن الله خذله فسجدوا مرة أخرى شكرا لله إذ لم يخذلهم.

Hikmah mengapa sujud dilakukan 2 kali dan ruku satu kali adalah bahwasanya ketika malaikat mengamini perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, mereka melihat bahwa Iblis tidak bersujud kepada Adam As sebab ia telah dihinakan (dibiarkan untuk tidak bersujud kepada Adam As, ia pun enggan untuk melakukannya) oleh Allah. 

Melalui seremonial ini lah, gerakan ini diadopsi dalam sholat. Sehingga ruku’ itu sejumlah satu kali dan sujud dilakukan sebanyak 2 kali. Wallahu A’lam bi as-shawab. (Baca: Aurat Terlihat Ketika Sujud, Apakah Sholatnya Batal?)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.