Berita

Peringatan HUT TVR & Peluncuran Logo Baru Pustakaloka: “Persembahan Atas Sebuah Dedikasi – kbr.id

KBR, Jakarta – Peringatan ulang tahun ini sebagai rasa syukur karena membangun, merawat, menjaga unit kerja televisi dan radio sebagai bagian dari supporting system kedewanan tentu bukan pekerjaan yang sederhana. Apalagi Setjen DPR sebelumnya hanya berpengalaman mengurus administrasi persidangan. Perjalanan panjang, pada awalnya tahun 2007 didukung oleh 15 orang kru, try and error, Alhamdulillah TV Parlemen tahun ini memasuki usia 15 tahun sementara adiknya Radio Parlemen 6 tahun. Dalam peringatan ulang tahun kali ini diresmikan pula penggunaan logo baru TVR Parlemen.

Berawal dari kunjungan kerja Pimpinan DPR ke Parlemen Jerman, diperoleh masukan untuk membangun pemahaman publik terhadap kinerja anggota dewan, rapat-rapat dan kegiatan anggota dewan lainnya perlu diliput dan disampaikan baik dalam bentuk siaran langsung maupun rekaman. Ini bisa sebagai bentuk transparansi parlemen, publik bisa melihat sendiri, menilai langsung kinerja anggota dewan yang mereka pilih.

Bicara tentang positioning – TVR Parlemen bertekad menjadi mitra yang handal bagi seluruh media yang ada di tanah air. Ragam informasi terkait parlemen yang demikian banyak, bahkan dalam satu hari pernah ada 15 kali rapat. Durasi rapat paling berkisar 3 sampai 7 jam tidak jarang lebih panjang, terkini Pansus RUU IKN berlangsung sampai pukul 3 pagi, berakhir menjelang subuh. Tentu teman-teman media mainstream, apalagi teman-teman media lokal di daerah akan kesulitan meliput langsung ke gedung DPR dengan durasi kerja seperti itu. TVR Parlemen bersama Biro Pemberitaan Parlemen mempersiapkan diri menjadi kantor berita khusus parlemen yang siap melayani kebutuhan berita teman-teman media lainnya. Pada saatnya siap menjadi referensi Indonesia, referensi bagi seluruh kalangan yang ingin mengetahui dinamika kerja DPR RI.

TVR Parlemen DPR RI juga terus belajar dan bertukar informasi dengan sejumlah organisasi serupa di sekretariat jenderal parlemen negara sahabat terutama yang tergabung anggota ASGP – Association of Secretaries General of Parliaments. Hampir semua parlemen didukung oleh tim media baik televisi, radio, majalah dan media sosial untuk menyebarluaskan kinerja mereka. Sejumlah parlemen mengelola TV dan radio mereka dengan cara berbeda seperti TV dan radio Parlemen New Zealand, Parliament TV di Australia, Parliament TV di Turki. Parlemen Inggris punya cara sedikit berbeda, TV dan Radio Publik mereka – BBC, memiliki channel khusus yaitu BBC Parliament.

Peringatan HUT TVR berlangsung dengan protokol kesehatan ketat dihadiri oleh sejumlah tokoh di antaranya Rachmat Gobel (Wakil Ketua DPR), Sultan B. Najamuddin (Wakil Ketua DPD RI), H. Agung Budi Santoso, S.H.,M.M (Ketua BURT DPR), M.Said Abdullah (Ketua Badan Anggaran), Novita Wijayanti, SE.,M.M (Wakil Ketua BURT DPR). Turut hadir beberapa pimpinan media terutama televisi dan radio yang selama ini menjadi mitra kerja TVR Parlemen.

Simak terus berita terbaru di Berita Terkini, Independen, Tepercaya – kbr.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.