Keagamaan

Shalawat Sya’ban; Shalawat Habib Abu Bakar Al-Adni | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Di antara amalan yang dianjurkan untuk kita lakukan selama bulan Sya’ban adalah memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Saw. Di antara yang bisa dibaca adalah shalawat Sya’ban. Yang dinisbahkan kepada shalawat Habib Abu Bakar Al-Adni. 

Hal ini karena selain Nabi Saw sangat memperhatikan bulan Sya’ban dengan ibadah-ibadah tertentu, seperti memperbanyak puasa dan juga shalat malam, juga karena bulan Sya’ban adalah bulan yang dinisbahkan kepada beliau. 

Ini sebagaimana hadis yang disebutkan oleh Imam al-Suyuthi dalam kitab Jami’us Shaghir, bahwa Nabi Saw bersabda;

رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي

Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.

Oleh karena itu, kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat selama bulan Sya’ban. Di antara bentuk shalawat yang bisa dibaca selama bulan Sya’ban adalah shalawat Sya’ban yang dibuat oleh Habib Abu Bakar Al-Adni bin Ali Al-Masyhur berikut;

ٱلْلٰهُمَّ يَا مَنْ جَعَلْتَ شَهْرَ شَعْبَانَ شَهْرَ النَّبِيِّ الخَاتِمِ المَعْصُوم وشَقَقْتَ لَهُ القَمَرَ في نِصْفِهِ المَعْلُومِ وعَرَّفْتَ فيه الأُمَمَ شَرَفَ الصَّلَاةِ عَلَىٰ ذَاتِهِ فِيْ عَالَمِ اْلمَلَكُوْتِ وَاَطْبَاقِ النُّجُوْمِ بآيَةِ :إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا صلِّ اللهم وَسَلِّمْ عَلَيْهِ مَا دَارَتِ الأَفْلَاكُ بِالنُّجُومِ صلَاةً وَسَلَاماً دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ إِلَىٰ يَوْمِ القَضَاءِ المَحْتُومِ وعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Ya Allah, Dzat yang telah menjadikan Sya’ban sebagai bulan bagi penutup segala rasul yang maksum, dan Engkau juga yang telah membelah bulan pada Nisfu Sya’ban yang diketahui.

Engkau juga yang telah menberitahukan kepada seluruh umat tentang kelebihan mengirimkan shalawat kepada Nabi Saw di alam malakut dan seluruh penjuru bintang dengan ayat;

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang yang beriman bershalawatlah kalian kepada Nabi dan ucapkanlah salam.

Ya Allah, curahkanlah rahmat dan salam pada Nabi Saw selagi bintang bergerak mengikut kadarnya, dengan rahmat dan salam yang kekal hingga hari keputusan (hari kiamat), juga atas keluarga dan para sahabatnya, dan berilah keselamatan.

Demikian penjelasan Shalawat Sya’ban,  yang dinisbahkan pada shalawat Habib Abu Bakar Al-Adni. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Anjuran Memperbanyak Shalawat Di Akhir Bulan Sya’ban)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.