Featured

Curious Kids: bisakah lubang hitam menjadi lubang putih?

Bisakah lubang hitam menjadi lubang putih? – Remy, Umur 9, Victoria, Australia

Hai Remy! Terima kasih atas pertanyaan bagus ini. Sayangnya, jawaban singkatnya adalah tidak.

Lubang putih sebenarnya hanyalah sesuatu yang dibayangkan para ilmuwan — lubang putih itu bisa ada, tetapi kita belum pernah melihatnya, atau bahkan melihat petunjuk bahwa lubang putih itu mungkin ada. Untuk saat ini, mereka adalah hanya sebuah ide

Sederhananya, kamu bisa membayangkan lubang putih sebagai lubang hitam terbalik. Jadi jika waktu berjalan mundur, lubang hitam akan terlihat seperti lubang putih. Tapi waktu tidak berjalan secara terbalik di alam semesta kita.

Untuk memahami lebih lanjut, mari kita mulai dengan memikirkan cara kerja lubang hitam.

What’s a black hole?

Ketika kamu menjatuhkan bola tenis, itu jatuh ke tanah karena apa yang kita sebut gravitasi. Bumi sangat berat, sehingga menarik bola tenis ke bawah.

Jika Bumi memiliki lebih banyak material di dalamnya, membuatnya lebih berat, gravitasi akan menarik bola lebih kuat. Tarikannya juga akan lebih kuat jika kita berdiri di permukaan Bumi yang menyusut, yang tetap seberat itu.

Sekarang, bayangkan kita adalah penjelajah luar angkasa dan kita telah menemukan sesuatu di luar angkasa yang sangat berat dan sangat kecil. Ini menarik pada apa pun yang mendekatinya dengan sangat kuat, jadi kita berusaha menjaga jarak yang aman dari pesawat ruang angkasa kita.

Objek misterius ini akan menarik begitu kuat sehingga tidak ada yang bisa lolos. Sebuah pesawat ruang angkasa dengan pendorong roket terbesar tidak dapat melarikan diri. Bahkan sinar laser, yang ditembakkan langsung dengan kecepatan cahaya, tidak akan selamat.

Objek semacam itu yang disebut sebagai lubang hitam.


Read more: Curious Kids: can Earth be affected by a black hole in the future?


Apa itu lubang putih?

Sekarang bayangkan kita bertahan di pesawat ruang angkasa kita (pada jarak yang aman) dan membuat film tentang lubang hitam ini.

Saat kita menontonnya, kita tidak akan pernah melihat apa pun lolos dari lubang hitam. Kita malah akan melihat lubang hitam memakan apa pun yang datang terlalu dekat. Kita beruntung: saat kita menonton, lubang hitam menelan seluruh bintang!

Film kita yang berjudul “Black hole eats a star” ditonton oleh satu orang secara online. Tapi sekarang bayangkan jika kita memainkannya secara terbalik. Dalam film mundur, kita akan melihat benda yang sangat berat, sangat kecil hanya duduk di sana – dan kemudian, tiba-tiba, memuntahkan seluruh bintang!

Objek yang sedang kita lihat sekarang, yang memuntahkan segalanya dan tidak memakan apa pun, akan disebut lubang putih.

Apakah lubang putih itu ada?

Kami memiliki bukti bagus dari teleskop bahwa lubang hitam benar-benar ada.

Namun, kami belum pernah melihat lubang putih (sesuatu yang memalukan, karena mereka akan sangat mengagumkan). Alasan para astronom berpikir tentang lubang putih adalah karena Albert Einstein – seorang ilmuwan hebat yang tidak lagi hidup, tetapi jika Anda pernah melihatnya, Anda mungkin ingat rambutnya yang gila.

Portrait of Albert Einstein in black and white.

Banyak dari apa yang kita ketahui tentang gravitasi, dan cara kerjanya, adalah berkat karya luar biasa dari ilmuwan Albert Einstein. WikiCommons

Einstein datang dengan ide bagus tentang gravitasi, kekuatan tak terlihat yang membuat kaki kita tetap di tanah. Teorinya menjelaskan bagaimana lubang hitam bekerja, dengan tarikan gravitasi yang besar

Ide Einstein juga mengatakan lubang putih mungkin ada. Jadi bisakah alam semesta kita benar-benar membuat lubang putih? Dan bisakah lubang hitam menjadi lubang putih? Mungkin tidak. Sesuatu bisa “mungkin” sebagai ide, tetapi juga sangat tidak mungkin dalam kehidupan nyata.

Lubang putih adalah sesuatu yang tidak mungkin karena mereka “kebalikan” dari yang ada. Pikirkan sarapan secara terbalik: telur kamu mengacak dengan sendirinya dan melompat keluar dari wajan, kembali ke cangkangnya. Itu mungkin, tetapi itu berarti waktu telah berputar dengan sendirinya dan mulai berjalan mundur

Sejauh yang bisa kita lihat dan ukur, waktu di alam semesta kita hanya mengalir ke satu arah: maju. Jadi untuk saat ini, lubang putih hanyalah sebuah ide yang menarik.

Menyenangkan melihat telur yang dimasak terbalik di film, tetapi tidak mungkin melihatnya di kehidupan nyata.

_Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami.

Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa: _ • mengirimkan email ke redaksi@theconversation.com • tweet ke kami @conversationIDN dengan tagar #curiouskids • DM melalui Instagram @conversationIDN

Arina Apsarini Putri Asrofi menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.