Featured

Curious Kids: apa itu kotoran telinga dan bagaimana menghilangkannya?


Apa itu kotoran telinga? Helen, 8 Tahun, Somerville, Massachusetts, Amerika Serikat


Bayangkan kamu sedang menonton TV. Tiba-tiba, telinga kamu terasa sedikit gatal. Kamu memasukkan jari kelingking kamu di sana dan menggali sedikit. kamu menariknya keluar dan menatap gumpalan kecil kecokelatan di ujung jari Anda

Itu kotoran telinga. Jenis kotoran telinga seperti lilin ini telah menjangkiti orang selama berabad-abad. Alat untuk menghilangkan kotoran telinga dari ribuan tahun yang lalu telah ditemukan dalam bahasa Romawi kuno dan di situs arkeologi Viking. Tetapi jika kamu bisa tiba-tiba dapat menghilangkan semua kotoran telinga di dunia, itu mungkin tidak baik juga

Saya seorang dokter telinga anak Saya bekerja di rumah sakit anak di Seattle, Amerika Serikat dan terutama melihat anak-anak yang memiliki masalah dengan telinga mereka. Kadang-kadang saya bertemu dengan seorang pasien yang memiliki sesuatu di telinga mereka yang seharusnya tidak ada di sana seperti serangga, cacing bergetah, dan manik-manik batu permata yang telah saya ambil dari telinga mereka. Tapi apa yang saya lihat kebanyakan adalah kotoran telinga.

Saluran telinga kamu dilapisi dengan sel-sel kulit, serta berbagai kelenjar yang melepaskan berbagai zat ke dalam saluran. Kotoran telinga diproduksi di saluran telinga Anda dan pada dasarnya adalah campuran sel kulit, keringat, dan minyak lemak. Benda-benda ini bercampur menjadi satu untuk membentuk gumpalan kecil atau terkadang agak besar dan berwarna coklat keemasan.

cross-section diagram of the human ear system

Kotoran telinga ditemukan di bagian luar telinga Anda, di saluran telinga. Ace2020/iStock via Getty Images Plus

Kotoran telinga setiap orang adalah unik. Ada yang lebih pucat, ada yang kering, ada yang berwarna kuning, coklat atau hitam. Para ilmuwan telah menemukan gen yang tampaknya mengkalibrasi seberapa basah atau kering lilin kamu. Jadi, jika lilin Anda benar-benar pucat dan bau, itu hal lain yang bisa kamu salahkan pada orang tua kamu.

Meskipun kamu mungkin berpikir itu hanya gangguan, kotoran telinga sebenarnya memainkan beberapa peran penting. Ini membantu menjaga kulit di telinga kamu tetap sehat dan lembab, dan menurut dokter dapat melindungi saluran telinga dari infeksi. Jika tidak ada kotoran telinga di dunia, telinga Anda akan terasa kering dan gatal. kamu mungkin akan menggaruknya terus-menerus dan mendapatkan infeksi saluran telinga lebih sering.

Tapi mungkin kamu yakin penumpukan kotoran telinga membuat telingamu gatal – belum lagi membuat kamu tidak bisa mendengar saat dipanggil untuk makan malam. Dalam hal ini, apakah lebih baik untuk mengeluarkannya dari sana?

Banyak orang tergoda untuk menempelkan sesuatu di telinga mereka untuk mencoba mengeluarkan kotoran dan membuat telinga sedikit tergores. Masalahnya adalah meskipun kamu mungkin mengeluarkan sedikit lilin, kamu mungkin mendorong lebih banyak daripada yang kamu keluarkan. Jika Anda terus mendorong lebih dan lebih, cepat atau lambat saluran telinga Anda akan penuh sesak dan dipenuhi dengan kotoran.

little girl poking her finger in her ear

Jangan terlalu keras pada kotoran telinga kamu , itu sebenarnya melakukan pekerjaan penting. kool99/E+ via Getty Images

Jadi apa cara terbaik untuk mengeluarkannya? Percaya atau tidak, dengan sendirinya liang telinga secara alami mendorong kotoran telinga keluar dari telinga. Saat kulit tumbuh di saluran telinga, ia membentuk sabuk konveyor alami untuk kotoran telinga. Secara umum, itu akan perlahan-lahan bermigrasi ke luar saluran telinga kamu dan hanya rontok ketika kamu berlarian atau mandi. Saat kamu mengunyah, gerakan rahang kamu juga tampaknya membantu kotoran keluar dari telinga kamu.

Ini adalah proses alami dan perjalanan panjang menuju kebebasan bagi para kotoran telinga yang berukuran kecil itu. Mereka juga ingin keluar dari saluran telinga kamu, jadi jangan mendorongnya kembali dengan menempelkan cotton buds di telinga kamu. Beberapa orang secara keliru mengira menyalakan lilin di dekat telinga kamu adalah cara yang bagus untuk menciptakan ruang hampa dan menyedot kotoran dari telinga kamu. Tidak – penelitian menunjukkan bahwa ini tidak benar-benar berfungsi, jadi tolong jangan menyalakan api di sebelah kepala Anda.

Kadang-kadang menggunakan berbagai jenis obat tetes telinga yang melunakkan kotoran dapat membantu kotoran keluar dengan sendirinya. Ada beberapa tetes yang bisa Anda beli di toko, dan beberapa produk sederhana seperti minyak mineral juga bisa membantu. Jika telinga Anda terlalu penuh dengan kotoran, kamu mungkin perlu menemui dokter untuk membersihkannya dengan hati-hati. Jangan coba ini di rumah!


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami.

Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:

_Arina Apsarini Putri Asrofi dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari Bahasa Inggris _

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.