Serbaserbi

Menu Fast Food Paling Aneh yang Pernah Dihidangkan

Anehdidunia.com – Fast food atau makanan cepat saji adalah makanan yang diolah sedemikian rupa supaya bisa disajikan dan disantap secepat mungkin. Kendati fast food memiliki rasa yang begitu lezat, makanan ini tidak disarankan untuk sering-sering dikonsumsi karena kadar lemaknya yang begitu tinggi.

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan pasar, sejumlah produsen fast food pun mencoba tampil beda dengan cara meluncurkan menu fast food yang unik dan diharapkan bisa langsung membuat konsumennya merasa penasaran. Berikut ini adalah 5 contoh hidangan fast food unik tersebut.

Chizza

Chizza
Chizza via insider.com

Salah satu menu fast food yang paling banyak disukai orang-orang adalah ayam goreng tepung (fried chicken). Rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah menyebabkan makanan ini disukai oleh begitu banyak orang. Untuk menyesuaikan selera masing-masing orang yang beragam, sejumlah produsen fast food pun mencoba menjual aneka macam masakan berbasis ayam goreng yang sudah dimodifikasi secara kreatif.

Chizza adalah contoh dari hidang macam itu. Nama hidangan ini merupakan gabungan dari kata “chicken” (ayam) dan “pizza”. Nama itu sendiri dipilih karena Chizza pada dasarnya memang hidangan ayam goreng yang disajikan sedemikian rupa supaya nampak seperti pizza.

Chizza merupakan ayam goreng yang bagian atasnya dilumuri dengan saus tomat dan keju mozarella. Ayam yang digunakan untuk Chizza juga memiliki wujud yang bundar supaya nampak seperti versi mini dari pizza.

Kemiripan Chizza dengan pizza bukan hanya sampai di sana. Pembeli juga bisa memilih sendiri potongan makanan yang hendak ditaburkan di bagian atas Chizza. Mulai dari potongan daging ham, nanas, dan masih banyak lagi.

Chizza pada awalnya dijual di gerai KFC cabang Singapura sebagai menu yang hanya ditawarkan dalam jangka waktu terbatas. Belakangan, hidangan ini juga dijual di gerai KFC cabang India dan Arab Saudi.

Double Down Sandwich

Double Down Sandwich
Double Down Sandwich via bussinesinsider.com

Di negara-negara yang makanan pokoknya adalah gandum, sandwich merupakan menu yang amat lazim dijumpai pada saat sarapan dan makan siang. Sandwich sendiri pada dasarnya adalah sepasang roti tawar yang bagian tengahnya disisipi dengan aneka macam lembaran makanan. Entah itu keju, daging, sayuran, telur, dan sebagainya.

Metode penyiapannya yang mudah dan sifatnya yang mengenyangkan menyebabkan makanan ini merupakan makanan favorit bagi mereka yang ingin makan tanpa harus repot-repot menghabiskan waktu lama untuk memasak.

KFC juga memiliki sandwich unik versinya sendiri. Sandwich unik tersebut adalah Double Down Sandwich. Apa yang membedakan Double Down Sandwich dengan sandwich biasa adalah Double Down Sandwich tidak menggunakan roti tawar di bagian atas dan bawahnya, melainkan ayam goreng.

Ayam goreng yang digunakan dalam Double Down Sandwich sengaja dipilih yang berbentuk pipih dan lebar supaya bisa menggantikan fungsi roti. Sahabat anehdidunia.com di bagian tengahnya, Double Down Sandwich dilengkapi dengan keju, saos, dan daging.

Bagi yang mereka mengaku sebagai pecinta fast food, maka makanan ini jelas amat mengundang rasa penasaran untuk dicicipi. Double Down Sandwich sendiri pertama kalau dijual oleh KFC pada bulan Februari 2021 lalu untuk gerai KFC cabang Italia.

Namun seperti halnya fast food pada umumnya, hidangan ini jelas sama sekali tidak disarankan untuk mereka yang menginginkan makanan sehat. Pasalnya makanan ini memiliki kadar lemak dan kolesterol yang amat tinggi. Jelas bukan makanan yang disarankan bagi mereka yang ingin menyantapnya sebagai menu harian.

Thickburger

Thickburger
Thickburger via fastfoodpost.com

Siapa yang tidak tahu burger? Bahkan mereka yang tidak pernah pergi ke restoran fast food pun pasti pernah sekali dua kali menyantap burger. Pasalnya sekarang warung-warung di tepi jalan pun sudah banyak yang menjajakan burger.

Burger sendiri pada dasarnya adalah varian dari sandwich yang menggunakan roti berbentuk bundar di bagian atas serta bawahnya. Di antara kedua bilah rotinya, burger dilengkapi dengan aneka macam makanan tambahan seperti sayur, daging, saos, dan sebagainya.

Meskipun makanan yang disisipkan di antara kedua bilah roti burger biasanya terdiri dari lebih dari 1 macam, makanan yang disisipkan biasanya jumlahnya tidak banyak supaya makanannya mudah ditelan. Namun perusahaan fast food Carl’s Jr. berani menyajikan burger yang berbeda dari burger pada umumnya.

Thickburger adalah nama dari burger tersebut. Jika diterjemahkan, Thickburger memiliki arti “Burger Tebal”. Nama itu dipilih karena Thickburger memang memiliki ketebalan melebihi burger kebanyakan.

Makanan yang disisipkan di bagian tengah Thickburger terdiri dari daging, kripik kentang, acar, selada, tomat, mustard, dan saus. Karena makanan yang disisipkan begitu banyak, Thickburger pun nampak sebagai burger yang begitu tinggi.

Supaya bisa menyantap Thickburger, pembeli disarankan memakan bagian tengahnya dulu secara bertahap supaya ketinggian burger ini berkurang. Namun ada pula yang nekat memakan burger ini dengan cara membuka mulut selebar mungkin supaya burgernya bisa muat. Apapun cara yang digunakan, yang penting jangan terburu-buru saat makan supaya tidak tersedak.

Doughnut Fried Chicken Sandwich

Doughnut Fried Chicken Sandwich
Doughnut Fried Chicken Sandwich via post-gazette.com

Kendati KFC selama ini dikenal sebagai produsen ayam goreng, ayam goreng bukanlah satu-satunya menu makanan yang ditawarkan oleh KFC. Produsen fast food asal Amerika Serikat ini juga menyajikan hidangan burger. Namun supaya burger versi KFC tetap memiliki nuansa ayam, burger yang mereka sajikan pun berbeda dari burger-burger yang biasa kita kenal.

Doughnut Fried Chicken Sandwich adalah nama dari hidangan tersebut. Jika dibandingkan dengan burger pada umumnya, hidangan yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 ini terbilang sederhana karena hanya menggunakan 3 potong makanan.

Apa yang membuat Doughnut Fried Chicken Sandwich begitu unik adalah bahan-bahan yang digunakan dalam hidangan ini normalnya tidak akan ditemukan pada hidangan burger lain. Bahan-bahan tersebut adalah sepasang donat sebagai pengganti roti burger & ayam goreng pipih yang disisipkan di antara keduanya.

Donat yang digunakan dalam hidangan ini dilumuri dengan saus buah maple dan lapisan gula. Sebagai akibatnya, burger ini pun memiliki rasa yang sungguh unik jika tidak mau dibilang campur aduk. Rasa manis, renyah, gurih, hingga asin semuanya bercampur dalam hidangan ini.

Vegan Fried Chicken

Vegan Fried Chicken
Vegan Fried Chicken via onegreenplanet.org

Ayam goreng menggunakan ayam sebagai bahan baku utamanya. Karena ayam pada dasarnya merupakan sejenis hewan, hidangan ayam goreng pun normalnya tidak bisa dikonsumsi oleh kaum vegetarian atau vegan (orang-orang yang hanya mau memakan hidangan yang terbuat dari tumbuhan).

Namun hal tersebut tidak lantas membuat KFC merasa pasrah. Dengan maksud memperluas jangkauan pasarnya, KFC pun meluncurkan hidangan baru yang sasaran utamanya adalah kaum vegan. Hidangan tersebut adalah Vegan Fried Chicken.

Menu Vegan Fried Chicken pertama kali diluncurkan pada bulan Agustus 2019 di restoran KFC cabang Atlanta, Amerika Serikat. Jika dilihat sepintas, Vegan Fried Chicken nampak tidak berbeda dibandingkan ayam goreng biasa.

Apa yang membuat Vegan Fried Chicken begitu unik adalah makanan ini tidak menggunakan ayam sebagai bahan bakunya, melainkan aneka macam bahan makanan yang diolah sedemikian rupa supaya nampak seperti ayam goreng.

Untuk membuat menu ini, KFC bekerja sama dengan Beyond Meat, spesialis produk makanan yang tidak menggunakan daging. Sahabat anehdidunia.com Beyond Meat sendiri sebelum ini diketahui pernah meluncurkan makanan serupa. Namun karena makanan tersebut dianggap tidak cukup memuaskan, Beyond Meat menarik kembali produk daging imitasi mereka.

Meskipun begitu, terobosan yang dilakukan KFC ini tidak lantas membuat kaum vegan merasa antusias begitu saja. Pasalnya Vegan Fried Chicken masih menggunakan minyak goreng yang sama dengan minyak untuk ayam goreng biasa.

Sumber :

Top 10 Ridiculous Fast Food Menu Items

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4052549/kfc-kenalkan-ayam-goreng-vegan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.