Keagamaan

Menag; 101 Titik di 34 Provinsi Indonesia Tidak Ada yang Melihat Hilal | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan dari 101 titik pemantauan hilal yang dilakukan Tim Kementrian Agama di 34 Provinsi di seluruh daerah Indonesia, menunjukkan bahwa posisi hilal belum terlihat.

”Posisi hilal secara umum di Indonesia pada 1 April 2022 kurang dari 2 derajat,” kata Gusmen pada Jumat (01/4).

Berdasarkan sidang isbat yang dihadiri sejumlah ormas Islam serta ahli astronomi, pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Pada Sidang Isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (01/4/2022) Menag menjelaskan, sidang isbat ini mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil lapangan melalui pemantauan langsung (rukyat) hilal.

“Dua metode ini bukan metode yang dipertentangkan. Kedua metode ini saling melengkapi satu dengan yang lain,” kata Gus Yaqut.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, Komisi VIII DPR RI, MUI, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Selain itu, pada sidang Isbat ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan pelbagai lembaga lain.

Pada laporan sidang Isbat tersebut, Menag juga berharap bahwa seluruh umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan ibadah puasa secara bersama-sama.  Pasalnya, yang demikian itu merupakan  adalah simbol, sekaligus cerminan kebersamaan umat Islam Indonesia.

“Semoga ini menjadi langkah untuk menatap masa depan bangsa Indonesia lebih baik,” tutup Menag dalam laporan Sidang Isbat, Jum’at (01/4).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.