Serbaserbi

Cemilan Paling Unik dan Jarang Ada, Berani Coba?

Anehdidunia.com – Makanan ringan atau cemilan adalah sebutan untuk makanan yang memiliki porsi kecil dan tidak bersifat mengenyangkan. Bagi mereka yang hobi jajan atau ngemil, memakan cemilan di kala waktu senggang atau saat menjalankan aktivitas sudah menjadi semacam rutinitas.

Karena selera orang berbeda-beda, cemilan pun memiliki bentuk dan rasa yang amat beragam. Berikut ini adalah 5 contoh cemilan paling unik dari berbagai belahan dunia yang patut anda ketahui.

Lidah Kucing

Lidah Kucing
Lidah Kucing via reddit.com

Kocici Jazycky adalah cemilan yang berasal dari Republik Ceko. Dalam bahasa setempat, Kocici Jazycky berarti “Lidah Kucing”. Dengan mendengar nama tersebut, maka mungkin bakal ada orang-orang yang mengerutkan lidah. Orang macam apa yang gemar memakan lidah kucing?

Jika anda kebetulan merupakan penggemar kucing, maka anda tidak perlu panik duluan. Pasalnya makanan ini sama sekali tidak menggunakan bahan baku kucing. Nama Lidah Kucing digunakan semata-mata karena cemilan ini bentuknya menyerupai lidah kucing.

Lidah Kucing sendiri aslinya adalah cemilan berbahan cokelat. Yang lebih menariknya lagi, cemilan ini tergolong sebagai cemilan yang sudah berusia tua. Pasalnya cokelat yang bentuknya menyerupai lidah kucing sudah dikonsumsi di Austria sejak tahun 1890-an.

Dari sana, makanan tersebut kemudian mulai banyak dikonsumsi di wilayah Ceko sejak tahun 1920-an. Supaya kesan kucing yang menghinggapi makanan ini semakin kuat, Lidah Kucing dikemas dalam bungkusan yang bergambar foto kucing.

Cemilan Lidah Kucing sendiri bukan hanya dapat dijumpai di Austria dan Ceko, tetapi juga di negara-negara Eropa lainnya. Di Perancis, cemilan ini kerap disajikan bersama dengan es krim. Kalau di Kepulauan Kanari (Spanyol), cemilan ini biasanya disajikan bersama dengan bienmesabe (sejenis makanan khas Spanyol yang terbuat dari madu dan kacang almond).

Permen Garam Salmiakki

Permen Garam Salmiakki
Permen Garam Salmiakki via indozone.id

Permen biasanya memiliki rasa yang manis. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk salmiakki. Pasalnya cemilan khas Eropa Utara ini justru memiliki rasa yang asin serta masam. Salmiakki sendiri memang memiliki makna “permen hitam yang sudah digarami”.

Salmiakki memiliki wujud yang beragam. Ada yang bentuknya nampak seperti biskuit. Ada yang bentuknya nampak seperti gelang. Ada pula salmiakki yang bentuknya terlihat seperti ikan. Meskipun wujudnya beragam, semua salmiakki memiliki warna yang cenderung gelap.

Salmiakki memiliki rasa yang terkesan asin karena salah satu bahan baku utama cemilan ini adalah garam amonium klorida. Semakin banyak garam yang ditambahkan, maka salmiakki bakal terasa semakin asin.

Namun salmiakki tidak selalu terasa asin. Salmiakki tertentu juga menggunakan zat pemanis dalam proses pembuatannya. Saat dimakan, kombinasi dari rasa manis dan asin tersebut bakal memberikan sensasi rasa tersendiri bagi orang yang memakannya.

Meskipun cemilan ini memiliki rasa yang tidak disukai oleh setiap orang, ternyata ada alasan khusus mengapa salmiakki memiliki rasa demikian. Salmiakki pada awalnya diciptakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan batuk.

Lambat laun, salmiakki juga banyak dikonsumsi sebagai makanan ringan. Sekarang cemilan ini banyak dikonsumsi di Belanda, Finlandia, dan negara-negara Skandinavia. Selain dijual dalam wujud makanan padat layaknya biskuit atau permen, ada juga salmiakki yang dijual dalam wujud cair.

Permen Babi

Permen Babi
Permen Babi via irishtimes.com

Percy Pig adalah cemilan yang bentuknya terlihat seperti kepala babi. Dengan melihat wujudnya sepintas, maka cemilan ini nampak seperti makanan anak-anak pada umumnya yang dicetak dalam bentuk lucu. Cemilan ini merupakan cemilan khas Inggris yang diproduksi oleh perusahaan Marks & Spencer.

Meskipun nampak tidak berbeda dibandingkan permen lainnya, ada sesuatu yang khas dari Percy Pig dan tidak dimiliki oleh cemilan lain. Salah satu bahan baku Percy Pig adalah gelatin babi. Bahan itulah yang memberik efek kenyal pada Percy Pig.

Gelatin adalah bahan yang terdapat pada tulang, daging, dan kulit hewan. Bahan ini memiliki wujud yang kenyal dan bening. Selain pada babi, gelatin juga dapat ditemukan pada sapi. Gelatin didapat dengan cara merebus bagian tubuh hewan hingga ada sesuatu yang nampak berbentuk menyerupai agar-agar mengambang di air.

Gelatin banyak digunakan dalam makanan – khususnya kue – karena bahan ini membantu menjaga supaya makanan tidak sampai pecah. Di luar bidang kuliner, gelatin juga kerap digunakan sebagai bahan kapsul.

Makanan yang menggunakan gelatin babi sendiri bukanlah makanan yang bisa dikonsumsi oleh semua orang. Kaum vegetarian enggan menyantap cemilan berbahan gelatin babi karena mereka tidak mau menyantap makanan berunsur hewan. Sebagai jalan keluarnya, sejak tahun 2011 Marks & Spencer pun meluncurkan varian Percy Pig yang tidak menggunakan gelatin babi.

Cokelat Bawang

Cokelat Bawang
Cokelat Bawang via bestglitz.com

Bawang merupakan bahan yang lazim digunakan dalam masakan. Aromanya yang khas dan rasanya yang agak pedas menyebabkan bawang amat sering digunakan sebagai bumbu dapur dalam aneka macam hidangan.

Kendati bawang amat lazim digunakan sebagai penyedap, bawang normalnya tidak digunakan dalam cemilan manis seperti permen atau gula-gula. Namun di Irlandia, ternyata pernah ada cemilan cokelat yang menggunakan serpihan keju dan bawang dalam komposisinya.

Tayto adalah nama dari perusahaan yang pernah menjual cemilan dengan komposisi aneh tersebut. Di negara asalnya, Tayto bukanlah perusahaan ecek-ecek. Pasalnya perusahaan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1956 dan sudah menjual begitu banyak merk makanan ringan.

Namun tetap saja, tindakan Tayto menjual makanan cokelat yang dicampur dengan keju dan bawang dipandang dengan penuh keheranan oleh orang-orang. Sahabat anehdidunia.com Tayto sendiri nampaknya sadar akan hal tersebut. Oleh karena itulah, supaya makin banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mencobanya, produk cokelat yang dicampur bawang tersebut hanya dijual dalam jumlah dan jangka waktu yang terbatas.

Hal tersebut menyebabkan para influencer makanan beramai-ramai membeli produk cokelat tadi supaya mereka bisa memberikan komentar mengenai apakah cokelat tersebut memang bisa dinikmati. Hasilnya, ternyata banyak influencer yang berkomentar kalau cokelat memang tidak cocok jika dicampur dengan bawang.

Permen Cacing

Permen Cacing
Permen Cacing via chilimojo.com

Cacing adalah hewan yang bertubuh panjang dan lentur layaknya ular. Karena bentuknya tersebut, banyak orang yang merasa geli atau bahkan jijik saat disuruh memegang cacing. Namun lain halnya dengan cacing yang satu ini. Pasalnya cacing ini justru amat disukai oleh anak-anak Meksiko.

Cacing yang dimaksud di sini adalah Salsagheti, permen yang bentuknya panjang dan lentur seperti cacing. Nama Salsagheti merupakan gabungan dari kata “salsa” (sejenis saus khas Meksiko) serta “spagheti” (makanan khas Italia yang bentuknya menyerupai mie).

Salsagheti merupakan cemilan yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak Meksiko. Pasalnya cemilan ini memiliki rasa yang khas dan cara makan yang unik.

Salsagheti dilengkapi dengan bungkusan saus yang terbuat dari buah tamarind. Jika saus tersebut dioleskan di atas Salsagheti, Salsagheti pun nampak hidangan spagheti sungguhan. Salsagheti yang sudah diolesi dengan saus memiliki rasa yang manis dan agak pedas.

Di negara asalnya, Salsagheti kerap disajikan dalam acara-acara meriah semisal pesta ulang tahun. Salsagheti juga kerap disajikan dalam hidangan Sandia Loca (Semangka Gila), sejenis makanan khas Meksiko yang terdiri dari campuran mentimun, buah, dan manisan. Semua campuran tersebut disajikan dalam mangkok yang terbuat dari kulit semangka.

referensi :

https://listverse.com/2019/04/29/10-strangest-candies-from-around-the-world/

https://en.wikipedia.org/wiki/Bienmesabe

https://www.bbc.com/news/magazine-24303423

https://www.bbc.com/news/newsbeat-48119588

Sandía Loca | Mexican-Style “Crazy” Watermelon

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.