Keagamaan

Ramadhan; Tak Masalah Jauh dari Keluarga, Asalkan Jangan Jauh dari Allah | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com- Bulan Ramadhan merupakan bulan pengampunan dan bulan yang mulia bagi umat Islam. Menjelang Ramadhan tiba, Rasulullah bersabda kepada para sahabatnya;

“Sungguh, Ramadhan telah datang, dan ia adalah penghulu segala bulan (sayyid asy-syuhur).” Ia datang membawa berkah, maka sambutlah ia (fa marhaban bih).

Di bulan Ramadhan ini Allah memberikan kebaikan dan ganjaran yang lebih kepada umatnya yang berbuat kebaikan. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mencari pahala sebanyak-banyaknya pada bulan yang penuh berkah ini.

Walaupun Ramadhan kali ini ada sebagian umat yang berada jauh dari keluarganya, maka janganlah bersedih. Tapi jadikan bulan puasa kali ini untuk mencari amal kebaikan sebanyak-banyaknya.

Bulan puasa jauh dari keluarga tidak apa-apa, asal jangan jauh dari Allah. Bila kita punya Allah, maka kita takkan kehilangan apa-apa. Tapi, bila kita kehilangan Allah maka bersiap-siaplah kita untuk kehilangan semuanya.

Di bulan Ramadhan ini selain membutuhkan asupan gizi, asupan iman juga sangat penting. Oleh karena itu, selama bulan mulia ini mari mencoba untuk istiqomah dalam beribadah. Seperti istiqomah melakukan sholat sunah, membaca Al-Qur’an, beriktikaf, bersedekah dan lain sebagainya.

Banyak sekali manfaat dari bersedekah di bulan Ramadhan, Allah menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Banyak keutamaan bersedekah di bulan ini, yaitu menghapus dosa, mendapatkan naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta, dan mendapat pahala berlipat ganda.

Disaat berpuasa di bulan Ramadhan kita juga diajarkan untuk bersabar, menahan nafsu serta berbaik sangka antar sesama. Jadi kalau ada teman atau tetangga kita di bulan Ramadhan tiba-tiba rajin ke masjid, padahal selama ini pergi ke masjid cuma untuk sholat Jum’at saja, ada yang berpakaian syar’i, padahal selama ini hanya memakai rok mini, itu tak mengapa.Tak usah dicela.

Lebih jauh lagi, ada yang banyak bersedekah padahal biasanya untuk mengeluarkan recehan saja susah, kita jangan sampai mencela dan mempergunjingkan atau pun mengolok-olok mereka.

Bulan Ramadhan mempunyai banyak sekali keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Salah satu keistimewaan bulan mulia ii adalah adanya malam Lailatul Qadar– yang hanya ada dalam bulan Ramadhan. 

Lailatul Qadar digambarkan dalam al-Qur’an bagaikan malam yang baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia. Kita bisa mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Istiqomah itu bermakna konsisten kita dalam melakukan hal kebaikan. Apabila istiqomah dalam melakukan ibadah dan kebaikan tentu hal itu akan memberi manfaat yang baik bagi diri kita maupun orang lain.

Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.