Featured

Curious Kids: Bagaimana cara ubur-ubur makan dan buang air besar?

Bagaimana ubur-ubur mendapatkan makanannya dan bagaimana mereka buang air besar? (Ethan, 4 tahun, Johannesburg, Afrika Selatan)

Terimakasih atas pertanyaannya, Ethan! Pertanyaan seperti itu yang membuat ilmuwan seperti saya yang memang meneliti ubur-ubur suka obrolin. Bagaimanapun, ubur-ubur adalah hewan paling keren di planet ini. Mereka bisa menyengat dan melumpuhkan mangsanya, dan memakan apapun yang bisa muat di mulut mereka.

Kamu bisa menemukan ubur-ubur di berbagai lautan di seluruh dunia dan ada banyak jenis ubur-ubur, banyak dengan warna dan pola yang menakjubkan.

Mari kita mulai dengan bagian pertama dari pertanyaan Anda: bagaimana ubur-ubur menemukan mangsanya?

Sebagian besar ubur-ubur adalah pengumpan yang “pasif”. Ini berarti bahwa mereka mengapung di air dan memakan apa pun yang kebetulan mereka lewati di dalam air dan dapat masuk ke dalam mulut mereka, mulai dari udang kecil hingga ikan kecil.

Ubur-ubur biasanya memiliki bel yang besar yang biasa kita yang anggap sebagai kepalanya dan dari bawahnya tergantung apa yang kita sebut lengan mulut. Di tengah lengan mulut ini, kamu biasanya menemukan mulut ubur-ubur, menempel di bagian bawah lonceng. Banyak ubur-ubur juga memiliki tentakel panjang yang menggantung dari bel. Kedua lengan mulut dan tentakel ini memiliki sel penyengat dengan duri runcing yang dapat menyengat dan menangkap mangsa saat mereka melewatinya, seringkali juga menyuntikkan racun untuk melumpuhkan mangsanya sehingga tidak bisa bergerak.

Mereka kemudian perlahan-lahan memindahkan mangsa ke mulut mereka dengan menarik tentakel dan lengan mulut mereka. Dalam video ini, kamu dapat melihat ubur-ubur mengecilkan tentakelnya dan menarik ikan kecil melalui air ke mulutnya, lalu ke rongga perutnya.

Bintik mata

Inilah fakta keren lainnya tentang ubur-ubur dan bagaimana kebiasaan makan mereka. Ada lebih dari 200 spesies ubur-ubur di dunia yang beberapa di antaranya memiliki banyak mulut kecil yang jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan! Mulut-mulut kecil ini tersebar di sepanjang lengan mulut mereka yang panjang dan masing-masing dapat mengambil mangsa dari air saat mereka melewatinya.


Read more: Why we’re working to put Africa’s jellyfish on the map


Kamu mungkin juga bertanya-tanya bagaimana ubur-ubur bisa melihat, karena mereka tidak memiliki mata seperti kita. Apa yang mereka miliki, sebaliknya, adalah hal-hal yang disebut rhopalia, atau biasa disebut dengan bintik mata. Ini biasanya berada di sekitar tepi bel. Bintik-bintik mata mereka membantu ubur-ubur mengetahui apa yang naik dari apa yang turun dan untuk tetap tegak saat mengambang di air. Mata mereka juga bisa merasakan perubahan cahaya. Semua bintik mata spesies ubur-ubur memberi mereka kemampuan ini dan bagi beberapa spesies lain seperti ubur-ubur kotak, bintik mereka berkembang dengan sangat baik sehingga mereka bisa melihat dan memburu mangsanya. Pada artikel ini, Anda dapat melihat video perburuan ubur-ubur kotak.

Saya tidak tahu bagaimana denganmu, tetapi saya akan sangat takut jika ubur-ubur memburu saya. Jangan khawatir, ubur-ubur tidak tertarik untuk menyakiti manusia. Mereka mungkin menyengat kamu jika Anda terlalu dekat, tetapi mereka tidak memangsa manusia.

Tentang tinja

Jadi, sekarang kita tahu bagaimana ubur-ubur makan. Sekarang kita lanjut ke pertanyaan kamu berikutnya: bagaimana mereka buang air besar?

Begitu ubur-ubur memindahkan mangsanya ke dalam mulut dan rongga perutnya, mangsanya dicerna oleh enzim yang merupakan sebuah bahan kimia khusus yang membantu mereka memecah makanan dan mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Ini sangat mirip dengan apa yang terjadi di perut kita sendiri setelah makan. Limbah apa pun akan kembali melalui mulut. Hal itu terjadi karena ubur-ubur hanya memiliki satu lubang di perutnya, sehingga kotoran keluar melalui lubang yang sama dengan makanan yang masuk.

Masih banyak ilmuwan yang tidak tahu tentang ubur-ubur: yang menyebabkan mengapa begitu banyak dari kita akhirnya mempelajarinya. Kami mencoba mencari tahu spesies apa yang ada dan di mana kami dapat menemukannya di dunia. Kami ingin tahu apa yang dimakan ubur-ubur dan juga hewan apa yang suka memakannya. Mungkin nanti kamu bisa tumbuh menjadi ilmuwan dan membantu kami mempelajari ubur-ubur suatu hari nanti? Saya harap kamu melakukannya!

Sementara itu, jika kamu ingin menonton video ubur-ubur di akuarium kapan saja, kamu bisa lihat jelly cam di Monterey Bay Aquarium di Amerika Serikat.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.