Serbaserbi

Karakter Komik Terkenal yang Kemunculan Perdananya Justru di Luar Media Komik

Anehdidunia.com – Jika anda hobi menonton film, anda tentu sudah tahu kalau selama lebih dari 2 dekade terakhir, setiap tahunnya pasti ada film yang diangkat dari media komik. Saat film-film tersebut berhasil menarik minat penonton, maka popularitas karakter komiknya diharapkan bakal ikut terdongrak.

Tidak semua karakter komik melakukan kemunculan perdananya di komik. Ada pula karakter yang aslinya muncul perdana di media adaptasinya, namun akhirnya turut dimunculkan di media komik karena tersebut memiliki basis penggemar yang cukup besar. Berikut ini adalah contoh dari karakter-karakter tersebut.

Batgirl

Batgirl
Batgirl via greenscene.co.id

Batman adalah salah satu karakter komik superhero paling terkenal di dunia. Sesuai dengan namanya, karakter asal DC Comics ini memang memiliki kebiasaan mengenakan kostum menyerupai kelelawar (bat).

Sepanjang sepak terjangnya sebagai pembasmi kejahatan di kota Gotham, Batman kerap ditampilkan tidak berjuang seorang diri, tetapi sambil ditemani oleh rekan-rekannya. Satu dari sekian banyak rekan Batman tersebut adalah Batgirl. Jika identitas asli Batman adalah laki-laki, maka identitas asli Batgirl adalah perempuan.

Kemunculan perdana Batgirl sendiri bukanlah di media komik, melainkan di media televisi. Tepatnya dalam serial TV Batman yang pertama kali mengudara pada tahun 1966 dan diperankan oleh aktor sungguhan.

Serial Batman pada awalnya mendapat sambutan positif dari publik. Namun memasuki musim ketiga, rating serial ini anjlok sehingga serial yang bersangkutan terancam berhenti di tengah jalan.

Supaya hal tersebut tidak sampai terjadi, produser William Dozier kemudian mengusulkan supaya ada karakter wanita yang ditambahkan ke dalam serialnya. Dan Batgirl adalah karakter tersebut. Di dalam kisahnya, Batgirl ditampilkan sebagai identitas lain dari Barbara Gordon, anak perempuan dari polisi James Gordon yang memiliki hubungan dekat dengan Batman.

Supaya makin banyak orang yang tahu dan penasaran akan sepak terjang Batgirl, William juga meminta supaya Batgirl ditampilkan dalam media komik. Tahun 1967, Batgirl akhirnya muncul untuk pertama kalinya di media komik.

Phil Coulson

Phil Coulson
Phil Coulson via painterest.com

Phil Coulson adalah nama yang harusnya tidak asing bagi anda yang gemar menonton film-film superhero keluaran Marvel. Coulson adalah nama dari seorang agen rahasia dari organisasi S.H.I.E.L.D., organisasi yang kelak juga memiliki ide untuk menciptakan tim superhero The Avengers.

Coulson sendiri sudah muncul di film superhero Marvel jauh sebelum The Avengers diciptakan. Tepatnya dalam film Iron Man yang dirilis pada tahun 2008. Kemudian dalam film The Avengers (2012), Coulson sempat diperlihatkan tewas terbunuh. Namun ia diperlihatkan masih hidup di film-film berikutnya.

Coulson bukan hanya muncul di ranah film. Ia juga muncul dalam serial televisi Agent of S.H.I.E.L.D. (2014). Akibat seringnya Coulson muncul di media film, hanya masalah waktu sebelum Coulson pada akhirnya benar-benar dimunculkan di media komik.

Coulson akhirnya benar-benar muncul di komik pada tahun 2011, tepatnya dalam komik Battle Scars yang fokus ceritanya adalah mengenai asal-usul Coulson dan Nick Fury sebelum menjadi anggota S.H.I.E.L.D..

Di dalam komik tersebut, Coulson diceritakan berprofesi sebagai tentara yang bertugas di Afganistan. Ia juga kerap ditugaskan untuk berurusan dengan karakter-karakter berkekuatan super karena Coulson pandai meneliti kelebihan serta kelemahan karkater-karakter berkekuatan super. Mulai dari Tony Stark / Iron Man, Bruce Banner / Hulk, hingga Wade Wilson / Deadpool.

Rocksteady dan Bebop

Rocksteady dan Bebop
Rocksteady dan Bebop via politecsaude.com.br

Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT) adalah nama dari kelompok superhero yang aslinya merupakan 4 ekor kura-kura berwujud menyerupai manusia dan pandai bertarung layaknya ninja. Di Indonesia sendiri, TMNT lebih dikenal dengan nama Kura-Kura Ninja.

Layaknya karakter superhero lainnya, TMNT juga harus berhadapan dengan beragam musuh. Dua dari sekian banyak musuh tersebut adalah sepasang makhluk mutan raksasa yang bernama Rocksteady dan Bebop. Jika Rocksteady memiliki kepala menyerupai badak, maka Bebop memiliki kepala menyerupai babi hutan.

Meskipun Rocksteady dan Bebop masih kalah tenar jika dibandingkan dengan karakter-karakter antagonis yang muncul di film-film yang menampilkan karakter Marvel atau DC, kedua karakter tersebut harusnya tetaplah bukan karakter yang asing bagi mereka yang menyukai film superhero. Pasalnya Rocksteady dan Bebop pernah muncul dalam film Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows yang dirilis pada tahun 2016 lalu.

Kemunculan perdana Rocksteady dan Bebop sendiri bukanlah di media komik, melainkan di media mainan. Pada awalnya, Peter Laird dan Kevin Eastman – pencipta komik TMNT – terlibat pembicaraan dengan perusahaan mainan Playmate Toys pada tahun 1987.

Perusahaan tersebut meminta kepada kepada Peter dan Kevin untuk menciptakan desain karakter baru yang masih memiliki keterkaitan dengan TMNT untuk dijual sebagai mainan. Maka, keduanya pun kemudian menciptakan karakter Rocksteady dan Bebop.

Setahun kemudian, kartun TMNT ditayangkan di televisi. Dalam kartun tersebut, karakter Rocksteady dan Bebop juga ikut muncul. Di tahun itu pulalah, karakter Rocksteady dan Bebop muncul untuk pertama kalinya di ranah komik cetak.

X-23

X-23
X-23 via codigoespagueti.com

Siapa yang tidak tahu Wolverine? Bahkan mereka yang tidak pernah membaca komik pun pasti pernah mendengar soal karakter ini. Ya, itu adalah karakter komik yang terkena dengan senjata khasnya berupa cakar logam panjang di kedua punggung tangannya. Wolverine sendiri aslinya merupakan karakter dari komik X-Men, komik terbitan Marvel Comics yang bercerita tentang sekelompok mutan alias manusia dengan kemampuan khusus.

Wolverine sendiri kelak diceritakan bakal memiliki sosok kembaran. Sosok kembaran tersebut adalah X-23. Ia pertama kali muncul dalam serial kartun X-Men: Evolution pada tahun 2003. X-23 diceritakan muncul sebagai hasil kloningan dari Wolverine.

Seperti halnya Wolverine, X-23 juga memiliki cakar panjang pada tangannya. Namun berbeda dengan Wolverine yang merupakan karakter pria, X-23 adalah karakter berjenis kelamin wanita. X-23 juga memiliki cakar panjang pada telapak kakinya. Kemudian jika Wolverine memiliki nama asli Logan, maka X-23 memiliki nama asli Laura Howlett.

Kemunculan X-23 ternyata disukai oleh penonton. Maka, dengan memanfaatkan tingginya popularitas X-23, karakter yang bersangkutan kemudian dimunculkan dalam media komik. Tepatnya pada komik NYX #3 yang terbit pada bulan Desember 2003.

Sejak itu, X-23 pun muncul dalam lebih dari 2.000 judul komik berbeda. Karakter X-23 juga sempat muncul dalam film live action Logan yang dirilis pada tahun 2017.

Harley Quinn

Harley Quinn
Harley Quinn via teahub.io

Harley Quinn bisa dibilang sebagai salah satu karakter komik perempuan yang paling terkenal dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Kemunculannya dalam 3 film live action berbeda yang dirilis dalam rentang waktu 5 tahun terakhir menjadi penyebabnya. Film-film tersebut adalah Suicide Squad (2016), Birds of Prey (2020), dan The Suicide Squad (2021).

Popularitas yang dimiliki oleh Harley Quinn sekarang ini terbilang mengejutkan karena dalam kemunculan perdananya di serial kartun Batman (1992), Harley Quin awalnya hanya diniatkan sebagai karakter sampingan yang bakal muncul dalam satu episode.

Namun berkat totalitas yang diberikan oleh Bruce Timm (desainer karakter Harley Quinn) dan Arleen Sorkin (pengisi suara karakter Harley Quinn), Harley Quinn pun menjadi karakter yang sukses mencuri perhatian penontonnya. Dampaknya, Harley Quinn pun sesudah itu kembali dimunculkan dalam episode-episode lainnya.

Tingginya popularitas yang dimiliki oleh Harley Quinn menyebabkan karakter tersebut akhirnya turut dimunculkan di media komik pada tahun 1993. Kemudian pada tahun 2016, karakter Harley Quinn untuk pertama kalinya muncul di layar lebar dalam film Suicide Squad.

Sumber :

https://listverse.com/2021/10/10/10-comic-book-characters-that-didnt-originate-in-the-comics/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.