Berita

Jokowi Minta Bansos Segera Disalurkan, Termasuk BLT Minyak Goreng – kbr.id

Jokowi Minta Bansos Segera Disalurkan, Termasuk BLT Minyak Goreng

Presiden Jokowi saat merilis BLT minyak goreng melalui pesan video, Jumat (1/4/22). (Foto: Youtube Setpres)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta seluruh bantuan sosial ke masyarakat segera disalurkan, sebelum Idulfitri, awal Mei mendatang.

Bantuan sosial untuk masyarakat itu mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH) hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng.

Jokowi menyebut, bantuan-bantuan sosial tersebut sangat dinanti masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari menjelang lebaran.

“Syukur dalam minggu-minggu ini sebagian sudah tersalurkan. Bukan apa-apa, mungkin kita itu enggak merasakan, tapi Rp300.000 rupiah bagi rakyat itu, pas mau Lebaran dapat itu, rasanya betul, saya bisa merasakan betul itu senangnya kalau bisa memegang uang itu, yang bisa dipakai untuk membeli minyak goreng dan kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya,” kata Jokowi saat memberikan pengantar pada sidang kabinet paripurna yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/22).

Pada kesempatan yang sama, Presiden mengingatkan jajaran di kabinetnya untuk waspada dan memastikan pasokan energi dan bahan pangan jelang lebaran.

Kepala Negara memerintahkan agar setiap kebijakan yang diambil, sikap dan pernyataan pemerintah harus memiliki sense of crisis, atau harus sensitif dan berempati terhadap kesulitan-kesulitan rakyat. Ia juga menyoroti harga minyak goreng yang masih tinggi.

“Jangan sampai kita ini seperti biasanya dan tidak dianggap oleh masyarakat. Enggak melakukan apa-apa. Tidak ada statement, tidak ada komunikasi. Harga minyak goreng 4 bulan tidak ada penjelasan apa-apa, kenapa ini terjadi,” kesal Jokowi.

Baca: Pemerintah Mengucurkan BLT Migor Rp100 Ribu selama 3 Bulan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan bakal memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng bagi masyarakat.

BLT minyak goreng yang diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulan, dan diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei dan Juni, yang akan dibayarkan dimuka pada April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan.

Jokowi juga memerintahkan, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan aparat keamanan memastikan penyaluran BLT minyak goreng berjalan lancar.

Editor: Kurniati Syahdan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.