Keagamaan

Agar Iman Kuat dan Kokoh, Perbanyak Baca Doa Ini di Bulan Ramadhan | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Menurut para ulama, iman kita bisa kuat dan kokoh dengan beribadah kepada Allah dan bisa lemah dengan bermaksiat kepada-Nya. Karena itu, hendaknya kita memperbanyak beribadah kepada Allah, terutama di bulan Ramadhan, agar iman kita semakin kuat dan kokoh.

Selain itu kita juga perlu memperbanyak membaca doa yang memiliki manfaat agar permohonan diijabah dan keimanan tambah kuat dan kokoh. Di antaranya adalah dengan memperbanyak membaca doa yang dicantumkan oleh Syaikh Nawawi Al-Bantani dalam kitab Kasyifatus Saja Syarh Safinatun Naja berikut;

اللّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا رَادَّ لِمَا قَضَيْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ، اللّهُمَّ لَا مُضِلَّ لِمَنْ هَدَيْتَ وَلَا هَادِيَ لِمَنْ أَضْلَلْتَ، وَلَا مُشْقِيَ لِمَنْ أَسْعَدْتَ وَلَا مُسْعِدَ لِمَنْ أَشْقَيْتَ، وَلَا مُعِزَّ لِمَنْ أَذْلَلْتَ وَلَا مُذِلَّ لِمَنْ أَعْزَزْتَ، وَلَا رَافِعَ لِمَنْ خَفَضْتَ وَلَا خَافِضَ لِمَنْ رَفَعْتَ

اللّهُمَّ اهْدِنَا لِمَا أَمَرْتَنَا وَوَفِّ لَنَا بمَا ضَمِنْتَ لَنَا مِنْ خَيْرَيِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَقَوِّ يَقِيْنَنَا فِيْمَا رَجَيْتَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى أَعْدَائِنَا فِي الظَّاهِرِ وَالْبَاطِنِ، وَأَسْأَلُكَ اللّهُمَّ بِمَا سَأَلَكَ بِهِ خَلِيْلُكَ إِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مِنَ النُّوْر وَالْيَقِيْنَ، وَمَا سَأَلَكَ بِهِ سَيِّدُنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ النَّصْرِ وَالتَّوْفِيْقِ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد

Ya Allah, tidak ada penghalang terhadap sesuatu yang akan Engkau berikan, dan tidak ada pemberi terhadap sesuatu yang Engkau halangi. Dan tidak ada penolak terhadap sesuatu yang Engkau putuskan, dan tidak berguna bagi pemilik kemuliaan di sisi-Mu suatu kemuliaanpun.

Ya Allah, tidak ada penyesat kepada siapa saja yang telah Engkau beri petunjuk, dan tidak ada pemberi petunjuk kepada siapa saja yang telah Engkau sesatkan.

Dan tidak ada pemberi celaka kepada siapa saja yang telah Engkau beri keberuntungan, dan tidak ada pemberi keberuntungan kepada siapa saja yang telah Engkau celakakan. 

Dan tidak ada pemberi kemuliaan kepada siapa saja yang telah Engkau hinakan, dan tidak ada pemberi kehinaan kepada siapa saja yang telah Engkau muliakan.

Dan tidak ada pengangkat derajat kepada siapa saja yang telah Engkau turunkan derajatnya, dan tidak ada penurun derajat kepada siapa saja yang telah Engkau angkat derajatnya.

Ya Allah, berilah kami petunjuk kepada apa saja yang telah Engkau perintahkan kepada kami, dan penuhilah untuk kami, dengan apa yang telah Engkau jamin untuk kami, berupa kebaikan dunia dan akhirat.

Dan kuatkanlah keyakinan kami dalam sesuatu yang Engkau titahkan pada diri kami, dan berilah pertolongan kepada kami dalam menghadapi musuh-musuh-Mu, secara lahir dan bathin.

Dan aku memohon kepada-Mu, ya Allah, dengan sesuatu yang telah diminta kepada-Mu oleh kekasih-Mu Nabi Ibrahim As, berupa nur dan keyakinan, dan sesuatu yang telah diminta kepada-Mu oleh baginda kami, junjungan kami Nabi Muḥammad, berupa pertolongan dan taufik. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Pemurah.

Demikian penjelasan terkait agar iman kuat dan kokoh, perbanyak baca doa ini di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat. (Baca: Doa Ramadhan 2021: Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.