Serbaserbi

5 Benda Ciptaan Manusia yang Terinspirasi dari Laba-Laba

Anehdidunia.com – Laba-laba adalah hewan yang sangat akrab bagi manusia. Mereka dapat ditemukan di mana-mana. Mulai dari di dalam rumah, di halaman rumah, atau bahkan di sela-sela roda kendaraan yang sudah lama tidak digunakan.

Seringnya manusia menjumpai laba-laba lantas mengundang rasa ingin tahu ilmuwan untuk mempelajari hewan mungil ini. Berikut ini adalah 5 benda hasil inovasi manusia yang terinspirasi dari laba-laba.

Alat Penembak Jaring

Alat Penembak Jaring
Alat Penembak Jaring via geeksaresexy.com

Semua orang pasti tahu dengan karakter yang namanya Spider-Man. Ya, itulah karakter komik yang dikenal dengan kemampuannya menciptakan jaring sambil berayun dengan lincah di antara gedung-gedung tinggi.

Kendati Spider-Man hanyalah karakter fiksi, hal tersebut tidak mengurungkan niat orang-orang untuk menciptakan Spider-Man versinya sendiri di dunia nyata. Di Afrika Selatan, seorang Youtuber menciptakan semacam gelang yang bisa menembakkan jaring layaknya alat penembak jaring yang biasa dipakai oleh Spider-Man.

Alat yang dibuat oleh JT memang tidak benar-benar menembakkan jaring, melainkan tali dengan pengait di ujungnya. Saat alatnya diaktifkan, tali tadi akan terlontar ke depan hingga menyangkut pada benda sasarannya. Dengan alat ini, JT bahkan bisa bergelantungan pada batang logam di langit-langit.

Lantas, apakah itu berarti orang yang memakai alat ini bisa langsung bergelantungan di antara gedung tinggi layaknya Spider-Man? Sayangnya, hal tersebut masih sulit diwujudkan dengan alat ini. Selain karena jangkauan tali pada alat ini masih terbatas, orang yang ingin berayun-ayun layaknya Spider-Man haruslah memiliki kelincahan dan ketahanan fisik yang tinggi.

Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat Penghilang Rasa Sakit
Obat Penghilang Rasa Sakit via viva.co.id

Merasa nyeri atau kesakitan merupakan hal yang dibenci oleh banyak orang. Meskipun nampak menyebalkan, rasa sakit sebenarnya memiliki peran yang amat penting bagi manusia. Pasalnya rasa sakit memiliki peran layaknya alar peringatan bagi empunya. Jika seseorang merasa sakit saat menyentuh benda, maka itu berarti benda tersebut mungkin merupakan benda yang berbahaya sehingga tidak boleh didekati.

Meskipun begitu, tetap saja ada situasi-situasi di mana rasa sakit sebaiknya dihilangkan. Misalnya saat seseorang menjalani operasi. Untuk kondisi macam itu, maka orang tersebut bakal diberikan obat penghilang rasa sakit alias painkiller.

Manusia sendiri sudah lama mengenal penggunaan painkiller. Namun painkiller yang digunakan sekarang bukanlah tanpa efek samping. Jika diberikan terlalu sering, maka dalam jangka panjang orang tersebut akan menampakkan gejala-gejala seperti pusing, gangguan pernapasan, sulit buang air, kecanduan, dan lain sebagainya.

Atas dasar itulah, ilmuwan pun memutar otak supaya bisa mendapatkan painkiller baru yang lebih aman bagi tubuh. Dan apa yang mereka cari ternyata selama ini tersimpan dalam taring beracun laba-laba raksasa. Tepatnya laba-laba tarantula pemakan burung China.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Universitas Queensland, racun tarantula mengandung molekul yang bisa diolah menjadi protein penghambat reseptor nyeri. Saat tubuh menerima senyawa ini dalam dosis yang tepat, tubuh tidak akan merasakan sakit lagi untuk sementara waktu.

Percobaan yang dilakukan pada tikus sejauh ini menunjukkan hasil yang positif dan tanpa efek samping. Ilmuwan berharap jika di kemudian hari, painkiller dari racun laba-laba bisa digunakan untuk pula pada manusia.

Perban Luka

Perban Luka
Perban Luka via grid.id

Jika seseorang mengalami luka hingga darahnya keluar, maka luka tersebut harus segera diobati dan ditutup memakai perban. Tujuannya agar darah yang keluar tidak terlampau banyak. Menutup luka juga membantu mencegah kuman penyakit memasuki tubuh melalui luka.

Memakai perban sendiri bukanlah tanpa masalah. Karena kain perban memiliki sifat menyerap air, perban harus sering-sering diganti. Hal tersebut tentunya menjadi rutinitas yang menyebalkan bagi orang yang bersangkutan. Pasalnya selain menyakitkan, sering-sering mengganti perban juga terasa memberatkan dari segi biaya.

Laba-laba nampaknya bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Pasalnya tim ilmuwan dari Institut Massachussetts (MIT) kini tengah mengembangkan sejenis perban yang mekanismenya serupa dengan jaring laba-laba.

Kelebihan perban ini jika dibandingkan dengan perban biasa adalah jika perbannya terkena air, maka perbannya justru bakal semakin lengket. Layaknya jaring laba-laba yang semakin lengket saat terkena tetesan air. Perban ini juga bakal terurai dengan sendirinya saat luka tempat merekatnya perban sudah sembuh.

Perban ini sejauh ini baru diuji coba pada kulit babi. Jika segalanya berjalan sesuai keinginan, maka diharapkan perban baru ini bisa digunakan pada manusia untuk menggantikan perban konvensional.

Baju Anti Peluru

Baju Anti Peluru
Baju Anti Peluru via isthockphoto.com

Jika bicara soal laba-laba, maka salah satu hal yang seketika bakal muncul di benak banyak orang adalah jaring. Wajar-wajar saja karena laba-laba memang memiliki kebiasaan untuk membuat jaring sebagai sarangnya. Bahkan laba-laba tertentu yang tidak membangun sarang tetap memproduksi tali jaring saat ingin bergelantungan sambil turun dari tempat tinggi.

Bagi manusia, jaring terlihat sebagai benda yang lemah. Namun untuk hewan kecil seukuran laba-laba, jaring aslinya tergolong amat kuat dan lentur. Atas dasar itulah, ilmuwan pun merasa tertarik untuk mempelajari jaring laba-laba supaya bisa digunakan untuk kebutuhan manusia.

Sebuah bahan yang diberi nama “Sutra Naga” (Dragon Silk) adalah contoh dari produk yang dibuat dari jaring laba-laba. Bahan tersebut digunakan untuk membuat kevlar atau jaket anti peluru yang lebih kuat dibandingkan jaket anti peluru biasa.

Kevlar biasa membutuhkan 33 lapis supaya bisa menghentikan peluru berkaliber .22. Namun tidak demikian halnya dengan kevlar berbahan Sutra Naga. Hanya dengan 4 lapis bahan tersebut, kevlar sudah bisa menghentikan laju peluru yang kalibernya sama.

Kuatnya daya tahan yang dimiliki oleh kevlar berbahan Sutra Naga lantas menarik perhatian militer Amerika Serikat. Mereka berharap kalau di masa depan, kevlar berbahan jaring laba-laba bisa diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

Kendala utama dari pembuatan kevlar berbahan jaring laba-laba adalah laba-laba merupakan hewan yang kecil. Jadi dibutuhkan laba-laba dalam jumlah yang amat banyak supaya mereka bisa mendapatkan tekstil berbahan jaring dalam jumlah yang cukup. Untuk mengatasinya, penelitian sekarang tengah dilakukan supaya mereka bisa menciptakan jaring laba-laba tiruan yang kekuatanya tak kalah dari jaring laba-laba asli.

Robot

Robot
Robot via blogging-tekhcies.com

Manusia sudah sejak dulu memiliki obsesi untuk menciptakan robot yang bisa bergerak layaknya makhluk hidup. Laba-laba menjadi salah satu hewan yang menjadi sumber ide bagi kalangan ilmuwan saat mendesain robot. Kemampuan laba-laba untuk hidup di hampir segala macam habitat menjadi penyebab utamanya.

Hal itulah yang mendorong perusahaan teknologi Festo untuk menciptakan robot laba-labanya sendiri. Laba-laba yang menjadi sumber inspirasi robot ini adalah laba-laba flic-flac (Cebrennus rechenbergi), sejenis laba-laba yang bisa melakukan gerakan salto.

Seperti halnya laba-laba sungguhan, robot laba-laba ciptaan Festo dilengkapi dengan 8 buah kaki yang bagian ujungnya runcing. Namun saat robot ini bergerak, hanya 6 kakinya yang nampak bergerak, sementara 2 kaki lainnya nampak berada dalam posisi ditekuk untuk membantu menjaga keseimbangan robotnya.

Kemampuan robot laba-laba Festo belum berhenti sampai di sana. Robot ini juga bisa merangkaian kakinya sendiri hingga berbentuk menyerupai roda. Saat sudah membentuk dirinya hingga menyerupai roda, robot ini akan menggelindingkan dirinya sendiri ke arah depan.

Robot ini juga memiliki ketahanan yang cukup kuat. Pasalnya saat robot ini terjatuh dari meja yang cukup tinggi, robot ini tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan tetap bisa bergerak secara normal di atas lantai.

Sumber :

https://listverse.com/2021/11/10/10-human-innovations-inspired-by-spiders/

This amazing body armor is made from spider silk

https://www.cnet.com/news/festo-bionic-wheelbot-spider-robot-turns-into-wheel-chases-you/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.