Featured

Curious Kids: Apa hal terpenting yang dibutuhkan seorang ilmuwan??

Apa hal terpenting yang dibutuhkan seorang ilmuwan? – Casey, umur 6, Perth, Australia

Halo Casey! Terima kasih atas pertanyaan bagus ini. Sayangnya, sebenarnya tidak ada satu jawaban sederhana. Jadi saya akan berbicara tentang tiga hal penting.

Ilmuwan harus pandai mengajukan pertanyaan. Mereka harus pandai menyelidiki dunia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Dan mereka perlu mengingat bahwa tidak peduli seberapa banyak yang mereka ketahui, selalu ada lebih banyak untuk dipelajari.

Menanyakan pertanyaan

Sebagian besar ilmuwan terinspirasi oleh keinginan untuk memahami cara kerja berbagai hal di dunia. Itu berarti mereka mulai dengan mengajukan pertanyaan.

Pertanyaan itu mungkin didorong oleh rasa ingin tahu tentang sesuatu yang menakjubkan di alam, seperti “Mengapa bintang terlihat seperti berkelap-kelip?” atau “Mengapa burung-burung ini memiliki bulu yang begitu indah?” Atau mereka mungkin didorong oleh keinginan untuk membantu masyarakat (atau bahkan seluruh dunia) dengan masalah, seperti “Bagaimana kita bisa menjaga sungai ini tetap sehat?” atau “Apa yang bisa kita lakukan tentang perubahan iklim?”

Tetapi semua pertanyaan ilmiah yang baik memiliki kesamaan: mereka akan mengarahkan para ilmuwan ke semacam penyelidikan yang dapat mereka lakukan untuk mencoba dan menemukan jawaban.

Para ilmuwan menyelidiki dengan berbagai cara. Beberapa contoh adalah mengamati bagaimana hewan berperilaku di alam liar, mengukur bagaimana tanaman tumbuh dari waktu ke waktu, melakukan eksperimen di laboratorium, atau menggunakan komputer untuk membuat versi virtual (yang biasa disebut dengan simulasi) lubang hitam.


Read more: Curious Kids: can black holes become white holes?


Menemukan jawaban

Pertanyaan ilmiah yang berbeda membutuhkan jawaban yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa contoh (ditanyakan oleh anak-anak lainnya yang ingin tahu!).

Kenapa bawang membuat kamu menangis? Bagaimana semut berjalan di langit-langit? Pertanyaan-pertanyaan ini membutuhkan penjelasan: yang bisa memberi tahu kami mengapa atau bagaimana sesuatu bekerja seperti itu.

Bisakah gurita berevolusi sampai mereka mengambil alih dunia dan melakukan perjalanan ke luar angkasa? Pertanyaan ini membutuhkan penjelasan tentang gurita dan juga prediksi tentang apa yang mungkin (atau mungkin tidak) terjadi di masa depan.

Ada berapa banyak bintang yang ada di luar angkasa? Pertanyaan ini membutuhkan angka (tetapi akan membantu jika jawabannya menjelaskan sedikit juga).

Artist's impression of black hole surrounded by stars

Sains tidak harus melibatkan eksperimen. Bisa juga berarti membuat simulasi komputer dari lubang hitam. NASA

Bagaimana para ilmuwan menyelidiki dunia untuk menemukan jawaban? Seringkali dibutuhkan banyak pelatihan dan kreativitas. Ada sesuatu yang disebut metode ilmiah yang dapat Anda anggap sebagai semacam resep untuk melakukan sains. Ini bekerja seperti ini:

  1. Tanyakan sesuatu

  2. Buat jawaban sementara (disebut hipotesis) atas pertanyaan Anda

  3. Lakukan eksperimen untuk menguji hipotesis Anda

  4. Tulis apa yang anda pelajari, sehingga orang lain bisa belajar juga dari situ.

Ini adalah cara yang baik untuk melakukan sains, dan banyak ilmuwan selalu mengikuti langkah-langkah ini. Tapi banyak yang lain tidak. Beberapa ilmuwan melakukan eksperimen. Beberapa melakukan pengamatan sebagai gantinya, atau membuat model dan simulasi dari hal-hal yang ingin mereka pelajari.

Lalu, tidak semua proyek ilmiah dimulai dengan hipotesis dan kemudian mengujinya. Beberapa memulai dengan pertanyaan terbuka yang besar dan menyelidikinya dengan menjelajah. Sebenarnya tidak ada yang namanya satu metode ilmiah, yang ada hanyalah serangkaian metode ilmiah.


Read more: How many stars are there in space?


Selalu ada lebih banyak untuk dipelajari

Menjadi seorang ilmuwan membutuhkan banyak pembelajaran. Tetapi penting bagi para ilmuwan untuk mengingat bahwa mereka tidak tahu segalanya. Nama yang bagus untuk ini adalah kerendahan hati intelektual. “Intelektual” ini berkaitan dengan seberapa pintar kita, dan “kerendahan hati” berkaitan dengan bagaimana kita mengenali batas kita sendiri.

Jadi, “kerendahan hati intelektual” berarti menyadari bahwa Anda terkadang melakukan kesalahan. Ini juga berarti mendengarkan ide orang lain daripada hanya berpikir bahwa Anda selalu benar.

Hubungan antara sains dan kebenaran itu rumit. Para ilmuwan bekerja keras untuk mempelajari hal-hal yang benar tentang dunia. Tetapi hal-hal yang kita anggap benar berubah seiring waktu. Beberapa ratus tahun yang lalu, orang mengira bahwa ketika kita sakit itu karena sejenis racun di udara. Kemudian kami (para ilmuwan) telah belajar tentang bakteri dan virus, dan menemukan bahwa mereka dapat membuat kami sakit. Tapi kami masih belum menemukan segala sesuatu tentang cara kerjanya.

Sangat menyenangkan untuk memiliki rasa ingin tahu – selalu ada lebih banyak hal untuk dipelajari!


Read more: Curious Kids: could octopuses evolve until they take over the world and travel to space?



Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.