Berita

Kendaraan Dinas Segera Masuk Kandang, ASN Dilarang Pakai untuk Mudik Lebaran – kbr.id

mudik lebaran

Ilustrasi. Mobil dinas dikandangkan di kompleks rumah dinas Gubernur Riau di Pekanbaru, Sabtu (1/6/2019). (Foto: ANTARA/Rony Muharrman)

KBR, Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan kendaraan Dinas untuk perjalan mudik lebaran.

Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono mengatakan, mobil dinas tersebut selama pelaksanaan cuti lebaran wajib dikandangkan.

Mujiono memastikan, bahwa kendaraan dinas tidak akan dipergunakan ASN untuk mudik, dan hanya boleh dipergunakan untuk operasional ASN yang sedang bertugas.

“Jadi semua pejabat yang dipercaya saat ini untuk memegang kendaraan dinas tidak diperkenankan atau tidak diperbolehkan bahwasanya kendaraan dinas ini dibawa pulang. Tentu konsekuensinya jika hal yang demikian dilangkar mesti ada ketentuan yang harus kita berikan kepada pejabat yang bersangkutan. Terutama terkiat teguran, sanksi yang sedang, bahkan juga bisa berat,” ujar Mujiono di Banyuwangi, Senin (25/4/2022).

Baca juga:

Ia mengatakan larangan ini juga tertuang dalam Surat Edaran Keneterian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan -RB) yang mengintruksikan agar para pejabat Pembina kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi pemerintah memastikan seluruh pejabat serta pegawai, tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik, berlibur, ataupun kepentingan lainya di luar kepentingan dinas.

Dikandangkan

Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono meminta agar seluruh kendaraan berplat merah mulai dikandangkan pada hari Kamis 28 April 2022.

Mobil Dinas tersebut dapat diambil kembali pada hari terakhir libur Lebaran yaitu pada hari Minggu 8 Mei 2022.

Mujiono mengancam jika kedapatan ada mobil dinas yang digunakan untuk mudik, maupun berlibur pada Hari Raya Idul Fitri, maka ASN yang menggunakan mobil dinas tersebut akan mendapatkan sanksi teguran hingga sanksi berat dari Badan Inspektorat Banyuwangi.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.