Berita

Transisi Menuju Endemi, Jokowi Tak Ingin Langsung Buka Masker – kbr.id

Transisi Menuju Endemi, Jokowi Tak Ingin Langsung Buka Masker

Presiden Jokowi mengenakan masker saat di Istana Negara, Senin (20/7/2020). (Antara-Sigid Kurniawan)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat harus berhati-hati dalam masa peralihan menuju endemi. Jokowi tak ingin terburu-buru mencabut kewajiban mengenakan masker.

Hal ini ia sampaikan ketika ditanya wartawan soal kemungkinan pemerintah menetapkan transformasi dari status pandemi COVID-19 menjadi endemi, jika berhasil mengendalikan mudik Lebaran tanpa adanya lonjakan kasus.

“Tetapi apapun, ada masa transisi yang kita masih harus hati-hati. Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker. Enggak,” kata Jokowi di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/22).

“Ini masih ada transisi kira-kira enam bulan. Kita lihat seperti apa. Baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih tetap pakai masker,” sambungnya.

Jokowi mengatakan, akan ada tahapan-tahapan transisi menuju endemi.

Baca juga: 

Dia juga menyebut, Indonesia telah mempunyai pengalaman saat menghadapi varian Delta dan juga Omicron. Sehingga kata dia, kehati-hatian serta kewaspadaan tetap harus tetap diterapkan.

Jokowi menambahkan, pemerintah saat ini memperbolehkan masyarakat untuk mudik karena angka kasus harian COVID-19 sudah sangat rendah. Kasus aktif COVID-19 pun kata dia sudah di bawah 20 ribu kasus.

Hari ini, Indonesia mencatat 317 kasus baru COVID-19. Total kasus aktif kini sebanyak 13.251.

Editor: Wahyu S.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.