Berita

Kemenkes Kirim Tiga Tim Pantau Pos Kesehatan di Jalur Mudik – kbr.id

Kemenkes Kirim Tiga Tim Pantau Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Posko kesehatan di Indramayu, Jawa Barat yang juga melayani tes usap dan Vaksina:si COVID-19 bagi pemudik di jalur Pantura, Kamis (21/4/22). (Antara/Dhedez P)

KBR, Jakarta – Kementerian Kesehatan mengirim 3 tim untuk memantau pos kesehatan di mudik Lebaran 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyebut, tim pemantau ini ditugaskan di 3 jalur mudik yakni jalur Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Lampung.

Tim pemantau nantinya mengecek kesiapan pelayanan kesehatan, baik di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bandara, stasiun kereta, fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, dan pos-pos kesehatan di rest area maupun jalan tol.

“Diperkirakan akan ada 85 juta orang yang akan mudik Lebaran, saya juga tidak terbayang bagimana situasi dan kondisi di lapangan. Itulah pentingnya teman-teman melakukan pemantauan untuk memastikan semua fasilitas pelayanan kesehatan baik di rest area jalan tol maupun non-tol sudah siap,” kata Kunta dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (26/4/2022).

Kunta Wibawa Dasa Nugraha berharap pemudik dapat memanfaatkan pos layanan kesehatan yang disediakan Kementerian Kesehatan itu.

Baca juga: Mudik 2022, Satgas Covid-19: Pastikan dalam Kondisi Sehat

Pemudik, lanjutnya, bisa melakukan pemeriksaan kesehatan, untuk meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik.

“Mengingat masih dalam situasi pandemi, berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan agar tetap prima dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar perjalanan mudik aman, sehat dan selamat sampai tujuan,” jelas Kunta.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyiapkan 15.555 fasilitas pelayanan kesehatan di 34 provinsi, yang terdiri dari 10.292 Puskesmas, 279 Public Safety Center, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan, 1.805 Pos Kesehatan dan 3.128 Rumah Sakit.

Pengaktifan pos kesehatan mudik Idulfitri 2022 direncanakan pada 25 April hingga 8 Mei 2022, dengan perkiraan puncak arus mudik pada 30 April dan perkiraan puncak arus balik pada 8 Mei 2022.

Editor: Kurniati Syahdan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.