Serbaserbi

Ulama Banjar (191): H. Ahmad Syaukani Arsyad – Alif.ID

Syaukani, panggilan akrabnya lahir di Amuntai 12 Maret 1959. Pendidikan yang pernah ditempuh adalah SDN, SMP, Pondok Modern Gontor Ponorogo dan kuliah di IAIN Antasari. Pekerjaan / jabatan yang pernah diamanahkan kepadanya adalah Kepala SMA Sabilal Muhtadin, Ketua Ikalu, dan Ketua Yayasan QIC. Pengalaman berorganisasi Ketua Angkatan Muda Sabilal Muhtadin, Ketua IKPM Kalimantan Selatan, Ketua Koordinator Pendidikan Alquran Kalimantan Selatan. Sehari-hari aktif berdakwah, mengajar dan memasyarakatkan Alquran yang sudah pasti kebenarannya.

Selain berdakwah melalui lisan, Ustadz Saukani juga berupaya berdakwah melalui ketaladanan, terutama dalam kapasitasnya sebagai seorang pendidik di SMA Terpadu Sabilal Muhtadin. Selalu berusaha memberikan contoh yang patut ditiru oleh murid-muridnya dalam berinteraksi sehari-hari, baik di dalam maupun di luar kelas.

Selain itu, Ustadz ini sering naik mimbar di beberapa masjid di kota Banjarmasin, menjadi khatib Jumat. Bahkan juga tidak jarang menyempatkan diri menulis beberapa artikel keagamaan maupun pendidikan keislaman yang dimuat pada media massa cetak. Juga sering dimintai pendapat, komentar, analisis atau masukan oleh media massa cetak di daerah ini dalam menyikapi kasus-kasus tertentu maupun terhadap isu yang tengah berkembang. Dalam hal ini biasanya yang berkaitan erat dengan kecenderungan atau pola hidup dan kehidupan generasi muda Islam.

Dalam melakukan pengabdian pada masyarakat tidak mengharapkan pengharagaan kecuali hanya ridha Allah swt saja. Semboyan hidup : No days without studying Alquran. Pesan: jangan membenarkan adat/kebiasaan, tapi jadilah orang yang membiasakana kebenaran.

Dari pernikahan dengan Mardalena, dikaruniai 6 orang anak, yaitu M. Aminullah, Arini Rusyda, M. As’ad, M. Rizqy, Syaiful Rahimi, dan Insi Detia. Alamat rumah di Jl. KS Tubun Gg. Damai RT 26 No. 4 Banjarmasin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.