Berita

Mengubah Stigma Sex Mountain Gunung Kemukus Sragen – kbr.id

Mengubah Stigma Sex Mountain Gunung Kemukus Sragen

Kawasan Gunung Kemukus di Sragen yang dulu dikenal dengan sebutan Sex Mountain, kini diresmikan menjadi New Kemukus, Rabu, (27/4). Foto: KBR/Yudha Satriawan

KBR, Solo- Pemerintah merevitalisasi objek wisata Gunung Kemukus di Sragen, Jawa Tengah, yang sebelumnya dikenal dengan ritual seks-nya.

Bupati Sragen, Kusdinar Yuni mengatakan pemerintah merombak total infrastruktur objek wisata Gunung Kemukus, agar ritual seks tidak terjadi lagi di sana. Bahkan, kata dia, citra buruk Gunung Kemukus pernah ditulis media asing.

“Mengingat Gunung Kemukus ini dulunya apabila Ibu Bapak cari informasi di Google, atau jurnalis asing menyebut kawasan Gunung Kemukus sebagai Sex Mountain. Kami mempunyai ikhtiar untuk bisa mengubah stigma itu dengan meluruskan sejarah,” jelas Yuni di hadapan Ketua DPR Puan Maharani dan sejumlah anggota DPR dari Fraksi PDI-P.

Selain itu, upaya mengubah pola pikir masyarakat di sekitar juga dilakukan, antara lain dengan pemberdayaan ekonomi. Pernyataan ini disampaikan Bupati Kusdinar saat peresmian objek wisata New Kemukus di Sragen, Rabu, 27 April 20222.

“Kami merevitalisasi kawasan wisata Gunung Kemukus ini dengan anggaran yang tidak sedikit. Sedikit demi sedikit Gunung Kemukus ini akan muncul citra positif, menjadi kawasan wisata religi dan keluarga,” imbuhnya.

Anggaran Pembangunan

Pemerintah merombak objek wisata Gunung Kemukus dengan anggaran Rp48 miliar dari total rencana anggaran sebesar Rp60-an miliar. Kini, masih ada empat fasilitas di kompleks tersebut yang belum selesai dibangun. Sejauh ini, ada 300-an wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini per hari.

Gunung Kemukus Sragen menjadi terkenal karena ritual seks yang dilakukan para wisatawan pada hari tertentu. Pemberitaan tentang objek wisata ini pernah dimuat di media Australia. Media asal Negeri Kanguru itu melakukan liputan ritual seks dan menyebut objek wisata Gunung Kemukus dengan sebutan Sex Mountain atau ritual seks di gunung.

Selain di Gunung Kemukus, masyarakat juga bisa berwisata dengan mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran di Sragen. Kedua objek wisata itu terkoneksi dengan kawasan strategis nasional dalam jaringan wisata Borobudur dan Sangiran.

Baca juga:

Editor: Sindu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.