Berita

Menteri Bahlil: Capaian Investasi Kuartal I Pecahkan Rekor 10 Tahun Terakhir – kbr.id

Menteri Bahlil: Capaian Investasi Kuartal I Pecahkan Rekor 10 Tahun Terakhir

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut, realisasi investasi Indonesia pada kuartal pertama tahun ini mencetak rekor kenaikan tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir. Baik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (QnQ) atau dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY).

“Total investasi kita sebesar Rp282,4 triliun. Ini pada kuartal pertama. Kemudian kalau kita bandingkan dengan QnQ, itu pertumbuhannya 16,9 persen. Sementara kalau dibandingkan dengan tahun kemarin, di 2021 pada kuartal yang sama YonY, itu tumbuhnya 28, 5 persen,” ujar Bahlil dalam konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

“Ini rekor 10 tahun terakhir. Di mana pertumbuhan realisasi investasi QnQ kita baru kali ini tumbuh 16 persen, sementara YoY-nya juga itu 28,5 persen, ini rekor 10 tahun terakhir,” sambungnya.

Baca juga: 

Bahlil menyebut, rekor investasi ini tercapai karena didukung kebijakan pemerintah.

“Capaian ini menunjukkan kebijakan pemerintah memberikan rasa kepastian, sesuatu yang berbeda kepada investor sehingga investor bisa menanamkan investasi baik dari dalam maupun luar negeri,” ucapnya.

Jika dirincikan dari total realisasi tersebut, sebanyak 52,1 persen atau Rp14,2 triliun berasal dari penanaman modal asing (PMA). Yang mana ini naik sebesar 31,8 persen secara tahunan (YoY) dan 20,5 persen secara kuartalan (QnQ).

Kemudian, sebesar 47,9 persen sisanya merupakan investasi dari dalam negeri (PMDN). Yakni senilai Rp135,2 triliun. Angka ini naik 13,3 persen QnQ dan 25,1 persen YoY.

Investasi kuartal pertama tahun ini didominasi oleh investasi dari sektor industri layanan dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya menjadi jawara. Total realisasi investasi di sektor itu sebesar Rp39,7 triliun.

Editor: Wahyu S.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.