Berita

FOMO Sapiens : Dari Mudik Lebaran Hingga Elon Musk – kbr.id

FOMO Sapiens : Dari Mudik Lebaran Hingga Elon Musk

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Sebanyak 85,5 juta orang diperkirakan akan mudik pada lebaran tahun ini. Masyarakat memanfaatkan momen lebaran kali ini untuk berkumpul dengan keluarga setelah 2 tahun terpisah oleh jarak dan pandemi Covid-19. Akan tetapi, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Mahkamah Agung (MA) tidak memecat BPT, seorang hakim laki-laki di Pengadilan Negeri (PN) Lahat, Sumatera Selatan meski terbukti secara diam-diam merekam kolega perempuannya ketika sedang mandi.

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Perkara Mudik Lebaran

Vaksinasi COVID-19 menjadi tolak ukur bagi para pelaku perjalanan mudik lebaran 2022. Masyarakat yang telah divaksin booster tak perlu lagi menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen maupun PCR. Aturan ini merujuk pada Surat Edaran Kasatgas Nomor 16 Tahun 2022 dan addendum SE Kasatgas Nomor 16 Tahun 2022, berlaku untuk pemudik dengan moda transportasi laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antarkota dari dan ke seluruh Indonesia. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Kemenhub Respons Keluhan Pemudik, Mulai dari Kemacetan Hingga Tiket

2. Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Kasus pelecehan seksual yang dilakukan seorang hakim di PN Lahat, Sumatera Selatan berinisial BPT terhadap kolega perempuannya sedang ramai diperbincangkan warganet. Mahkamah Agung (MA) tidak memecat pelaku tapi hanya menjatuhkan sanksi sedang kepada pelaku berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun. Hal ini membikin korban tetap bekerja dalam satu kantor yang sama dengan pelaku. Komisi Yudisial (KY) pun ikut turun tangan soal ini. Kasus di institusi hukum ini merupakan bukti bahwa pelecehan seksual di tempat kerja dapat dialami oleh pekerja dari berbagai latar profesi. Apa saja?

Baca juga : Pengesahan RUU TPKS, Menteri PPPA: Wujud Kehadiran Negara

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait Elon Musk yang membeli Twitter senilai US$ 44 miliar.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.