Berita

Lebaran 2022, Jokowi Minta Pemudik Hindari Puncak Arus Balik – kbr.id

Silaturahmi Lebaran 2022 Presiden Jokowi dan Keluarga ke Keraton Yogyakarata, Senin (2/5/22). (Setpr

Silaturahmi Lebaran 2022 Presiden Jokowi dan Keluarga ke Keraton Yogyakarata, Senin (2/5/22). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta masyarakat  segera mengatur perjalanan untuk kembali ke kota asal.

Jokowi mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal agar menghindari penumpukan kendaraan di tol dan pelabuhan penyebrangan akibat arus balik.

“Jangan semuanya nanti kembali arus balik semua di hari Sabtu dan Minggu. Pasti akan terjadi titik kemacetan terutama di tol maupun di jalan nasional maupun di Merak-Bakauheni,” kata Jokowi saat silaturahmi di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Jokowi menyebut pada saat arus mudik Lebaran 2022 terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di ruas-ruas jalan tol dan penyeberangan di pelabuhan Merak-Bakauheni, yang menyebabkan antrean berjam-jam.

Baca juga: 

Lebaran 2022, Pemprov Larang Penerbangan Balon Udara di Seluruh Jawa Tengah

Mudik Lebaran Pakai Mobil Dinas? ASN Terancam Kena Sanksi

Menurut Jokowi, kemacetan di beberapa ruas jalan terjadi lantaran animo masyarakat yang tinggi untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

“Memang sesuai yang saya sampaikan di awal bahwa yang mudik 85,5 juta mobil 23 juta, kendaraan sepeda motor 17 juta. Jumlah yang betul betul banyak sekali,” katanya

Sementara itu, kata dia, antrean panjang di pelabuhan juga disebabkan volume kendaraan yang terlalu banyak sehingga tidak sesuai dengan kapasitas dermaga dan kapasitas kapal yang ada.

“Kapalnya sudah disiapin ditambah dari 30an menjadi 50an tetapi belum cukup,  tambah lagi dermaga dua  lagi baru bisa mengurangi,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyebut antrean di beberapa pintu tol dan penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi permasalahan yang krusial.

Kata dia, perlu pengaturan sistem rekayasa lalin yang lebih baik untuk mengurai kemacetan. Dia memprediksi kepadatan pemudik akan kembali terjadi, utamanya di jalur darat dan pengguna jalur laut di pelabuhan.

“Di Bakauheni ini kita akan manage kemacetan panjang juga sebagai tempat yang akan digunakan untuk mudik balik. Sedangkan rest area kami akan kerja sama dengan kota-kota di pantura, untuk mereka-mereka yang melakukan kegiatan rest itu dilakukan kota-kota resmi,” kata dia saat memantau aktivitas mudik di Pintu Tol Palimanan, Jawa Barat, Minggu (2/5/22). 

Editor: Rony Sitanggang

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.