Berita

Inspirasi Bisnis dari Avocadron – kbr.id

KBR- Jakarta – Pada 2017, Karlina Kurniawati mencoba membuka usaha berjualan buah. Ide bisnis muncul dari pengalaman pribadinya. Saat itu anak pertama Karlina lahir prematur. 

“Waktu lahir anakku tuh di bulan ke-7 usia kandungan, itu berat badannya 1,7 kg. Dari konsultasi dokter, kita harus kasih makanan berkalorinya tinggi, salah satunya itu alpukat,” kenang Karlina.

Perempuan 34 tahun ini awalnya kesulitan mendapatkan alpukat berkualitas di Jakarta. Persoalan itu terpecahkan saat ia pulang kampung ke Yogyakarta. 

“Tetangga di rumah jual alpukat yang kualitasnya bagus. Jadi tiap hari beli ga pernah dapat yang jelek. Dari situ mulai mikir, gimana caranya supaya bisa bawa ini alpukat ke Jakarta,” ujarnya.

Melalui sosial media pribadinya Karlina mulai membuka pre-order alpukat. Pada Februari 2017, ia baru membuka akun Instagram khusus untuk bisnis buahnya yang diberi nama Avocadron, gabungan dari avocado dan nama anaknya, Ron.

Baca juga: Inspirasi Bisnis dari Yeobo Topokki

Karlina Kurniawati memulai Avocadron dari bisnis tanpa modal dengan mengandalkan pra-pesan. (Dok: KBR)

Bisnis alpukat Karlina berkembang pesat setelah merambah ke marketplace. Pada 2019 di Avocadron mendapat predikat best seller atau penjualan terbaik di salah satu marketplace. Dari situ Karlina mendapat tawaran memenuhi suplai buah alpukat ke Istana Negara.

“Dari Istana order bahwa ini alpukatnya dipakai buat buka puasa Bapak Presiden. Terus diinfokan sudah masuk ke kamar pribadinya beliau. Itu kayak happy banget,” kata Karlina.

Kesuksesan Karlina tak lepas dari usaha untuk selalu berinovasi dan menawarkan servis terbaik. Misalnya, memberikan garansi jika buah yang dibeli ternyata jelek atau cacat. 

Kini, Avocadron tak hanya menjual alpukat, tapi juga beragam jenis buah lain. Tak main-main, sekali kirim dari supplier Karlina bisa menerima sampai 1 ton buah.

“Justru ketika pandemi, orang jadi lebih concern untuk gaya hidup sehat. Jadi justru orderan untuk buah-buahan makin meningkat,” ucapnya.

Dengarkan keseruan kisah Karlina merintis bisnis di Uang Bicara episode “Inspirasi Bisnis dari Avocadron” di KBRPrime, Spotify, Google Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.