Serbaserbi

Hantu Khas Filipina yang Paling Menakutkan, Serem Mana Dengan Hantu Indonesia?

Anehdidunia.com – Bukan hanya Indonesia yang memiliki banyak hantu dan makhluk gaib. Filipina selaku negara tetangga Indonesia di sebelah utara juga memiliki makhluk gaib yang tak kalah beragam. Berikut ini adalah hantu-hantu khas Filipina yang paling terkenal dan tak kalah seram jika dibandingkan dengan hantu-hantu khas Indonesia.

Aswang

Aswang
Aswang via kumparan.com

Dari sekian banyak hantu yang berasal dari Filipina, aswang adalah salah satu yang paling terkenal. Aswang bisa demikian terkenal karena makhluk ini terdiri dari beragam wujud dan jenis.

Beragamnya wujud yang dimiliki oleh aswang tidak lepas dari fakta bahwa aswang diceritakan memang memiliki kemampuan untuk berubah wujud. Bergantung dari lokasinya, aswang bisa berubah menjadi aneka macam hewan seperti anjing, babi, kelelawar, dan masih banyak lagi.

Aswang juga dikabarkan memiliki perilaku makan yang tak kalah beragam. Ada aswang yang gemar memasuki rumah duka untuk mencuri mayat-mayat yang ada di dalamnya supaya bisa dimakan.

Ada pula aswang yang gemar memasuki rumah manusia untuk menghisap darah penghuninya. Jika aswang tersebut berhasil mengelabui pemilik rumah untuk balik menggigit sang aswang, orang tersebut dikabarkan bakal ikut berubah menjadi aswang.

Aswang juga diceritakan sangat menyukai janin bayi. Mereka bakal memasuki rumah yang dihuni oleh wanita hamil supaya bisa memakan bayi dalam kandungannya. Karena aswang bisa berubah wujud menjadi hewan, aswang bisa memasuki rumah korbannya tanpa mengundang kecurigaan.

Oleh sebab itulah, penduduk di sejumlah perkampungan memiliki kebiasaan melakukan ronda jika kebetulan ada wanita yang sedang hamil di perkampungan mereka. Jika mereka berpapasan dengan hewan liar yang bertingkah laku aneh di perkampungan, mereka bakal langsung mengusirnya karena hewan tersebut mungkin adalah aswang yang sedang menyamar.

Kapre

Kapre
Kapre via deviantart.com

Saat anda masih kecil, mungkin anda pernah dinasihati oleh orang tua anda supaya segera tiba di rumah sebelum matahari terbenam. Supaya anak-anak semakin patuh, sejumlah orang tua sengaja menakut-nakuti anak mereka dengan berkata kalau akan ada makhluk halus yang menculik mereka jika mereka tidak pulang ke rumah tepat waktu.

Penduduk Filipina juga memiliki cerita serupa. Menurut kepercayaan mereka, jika ada anak-anak yang tetap berkeliaran di luar rumah saat matahari sudah terbenam, maka anak-anak tersebut akan diganggu oleh kapre.

Kapre adalah makhluk gaib yang diceritakan gemar beristirahat di puncak pohon sambil menghisap semacam rokok. Saat malam tiba, mereka akan turun ke bawah untuk meneror anak-anak yang kebetulan masih berada di luar rumah.

Meskipun terlihat menakutkan, kapre kerap diceritakan sebagai makhluk yang aslinya tidak berbahaya. Pasalnya kapre bukanlah makhluk yang gemar memakan manusia. Kapre mengganggu anak-anak lebih karena kapre tersebut gemar melihat ekspresi ketakutan para korbannya.

Kapre diceritakan juga memiliki kemampuan layaknya jin lampu. Jika ada seseorang yang berhasil menemukan kapre, maka kapre tersebut akan mengabulkan keinginan orang yang bertemu dengannya. Keberadaan kapre konon dapat diketahui dengan melihat ada tidaknya asap yang keluar dari kerimbunan pohon.

Tikbalang

Tikbalang
Tikbalang via devianart.com

Tikbalang merupakan salah satu hantu Filipina paling aneh yang pernah ada. Pasalnya hantu ini dikabarkan memiliki badan layaknya manusia, namun dengan kepala kuda. Tikbalang juga digambarkan memiliki telapak kaki bundar layaknya telapak kaki kuda,

Bergantung dari daerahnya, tikbalang dipandang secara berbeda oleh penduduk setempat. Tikbalang di Filipina utara digambarkan sebagai makhluk yang tidak berbahaya, namun gemar mengganggu manusia.

Tikbalang di kawasan tersebut diceritakan memiliki kegemaran membuat manusia tersesat dan berhalusinasi. Namun tikbalang yang mengusik manusia konon bisa diusir jika manusia tersebut memakai pakaian dalamnya di luar dan kemudian memohon kepada tikbalang supaya berhenti mengganggunya.

Jika tikbalang di Filipina utara diceritakan sebagai makhluk yang gemar berbuat iseng, tidak demikian halnya dengan tikbalang yang berasal dari Filipina selatan. Sahabat anehdidunia.com selain memiliki penampilan layaknya manusia setengah kuda, tikbalang dari kawasan ini dikabarkan juga memiliki mata berwarna merah dan aroma menyengat layaknya rambut yang terbakar.

Tikbalang yang satu ini bukan hanya memiliki penampilan yang menakutkan. Jika tikbalang sampai merasa marah, maka tikbalang tersebut akan menyerang dan menginjak-injak manusia hingga tewas.

Meskipun berbahaya, tetap ada orang yang secara sengaja mencari-cari tikbalang di kawasan Filipina selatan. Jika seseorang berhasil mencabut rambut panjang milik tikbalang, maka tikbalang tersebut konon bakal mengakui orang tersebut sebagai majikannya.

Kaperosa

Kaperosa
Kaperosa via detik.com

Di Indonesia, kita mengenal sosok kuntilanak dan sundel bolong sebagai sosok hantu yang kerap digambarkan sebagai wanita berpakaian serba putih. Kalau di Filipina sana, mereka mengenal sosok kaperosa sebagai hantu dengan penampilan serupa.

Kaperosa atau Wanita Putih adalah sosok hantu yang – sesuai namanya – memiliki penampilan layaknya wanita yang mengenakan pakaian serba putih. Mereka biasanya menampakkan diri di tempat-tempat yang sepi dan memiliki nuansa angker. Misalnya di rumah kosong, hutan, hingga tepi jurang.

Dari sekian banyak tempat yang menjadi lokasi penampakan kaperosa, kaperosa diceritakan paling sering menampakkan diri di sekitar Jalan Raya Balete, kota Quezon. Menurut cerita, kaperosa merupakan arwah penasaran dari wanita yang diperkosa dan dibunuh oleh tentara Jepang semasa Perang Dunia Kedua.

Kaperosa tidak pernah menyerang manusia secara langsung, namun kaperosa diyakini bisa menimbulkan aneka macam musibah bagi manusia.

Sebagai contoh, kaperosa dikabarkan kerap menampakkan diri di kaca spion atau di kursi belakang mobil. Karena pengendara mobil merasa kaget saat melihat sosok kaperosa, ia kehilangan konsentrasi dan akhirnya mengalami kecelakaan.

Jika itu masih belum cukup menakutkan, kaperosa dikabarkan kerap muncul sebagai sosok wanita tanpa wajah atau wanita yang wajahnya dipenuhi darah.

Manananggal

Manananggal
Manananggal via evangelist2209.artstation.com

Pernahkah anda mendengar nama kuyang atau palasik? Itu adalah nama dari hantu wanita yang kepalanya bisa terbang dan memisahkan diri dari badannya. Setiap kali kepala kuyang terbang mencari mangsa, organ tubuh kuyang bakal nampak bergelantungan di bawah kepalanya.

Penduduk di Filipina juga mengenal hantu dengan kemampuan serupa. Mananggal adalah nama dari hantu tersebut.

Manananggal diceritakan memiliki penampilan layaknya wanita cantik pada siang hari. Namun saat malam tiba, tubuh bagian atas manananggal akan terbang memisahkan diri. Manananggal dalam wujud ini dikabarkan memiliki sayap raksasa yang bentuknya menyerupai sayap kelelawar.

Seperti halnya aswang, mananangga dikabarkan amat menyukai darah manusia, khususnya janin. Manananggal menghisap darah janin dengan memakai lidahnya yang panjang. Karena manananggal biasanya beraksi saat orang-orang tengah tertidur pulas, wanita hamil yang menjadi korban manananggal tidak akan menyadarinya sebelum terlambat.

Meskipun manananggal jelas bukanlah makhluk sembarangan, manananggal sendiri bukanlah makhluk tanpa kelemahan.

Manananggal dikabarkan lemah terhadap garam dan bawang putih. Jika seseorang menaruh benda-benda tadi di dekat jendela rumah, manananggal dikabarkan bakal enggan memasuki rumah tersebut.

Manananggal juga bisa dibunuh. Untuk melakukannya, mula-mula seseorang harus menemukan tubuh bagian bawah manananggal. Jika tubuh bagian bawahnya sudah ketemu, luka di mana tubuh manananggal memisahkan diri harus ditaburi dengan garam atau bawang.

Karena manananggal lemah terhadap benda-benda tersebut, tubuh bagian atas manananggal tidak akan bisa menyatu kembali dengan tubuh bagian bawahnya. Jika kedua belahan tubuh manananggal masih belum bersatu saat matahari sudah bersinar, manananggal tersebut akan mati.

Sumber :

https://listverse.com/2009/11/20/top-10-scariest-filipino-monsters/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.