Berita

Cek Fakta: Benarkah China akan Ambil Alih Kalimantan? – kbr.id

Sebuah akun Facebook mengunggah video yang menampilkan seseorang laki-laki sedang berbicara dan diklaim sedang memberi peringatan kepada Indonesia untuk segera membayar utang. Ditambahkan juga narasi bahwa jika Indonesia tidak segera membayar utang, maka Pulau Kalimantan akan diambil alih oleh Cina. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 14 – 20 MEI 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Tangkapan Layar Mirip Berita CNN Berjudul: “Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop”

Sebuah akun Twitter mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar yang terlihat mirip berita dari CNN Indonesia dengan berjudul “Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop”. Berdasarkan foto tersebut, berita tersebut diunggah pada 19 Mei 2022 pukul 09.24 WIB.

Narasi yang Menyebut Cina akan Ambil Alih Kalimantan jika Indonesia Tidak Segera Bayar Hutang

Sebuah akun Facebook mengunggah video yang menampilkan seseorang laki-laki sedang berbicara dan diklaim sedang memberi peringatan kepada Indonesia untuk segera membayar utang. Ditambahkan juga narasi bahwa jika Indonesia tidak segera membayar utang, maka Pulau Kalimantan akan diambil alih oleh Cina.

Foto Seolah Menag Yaqut Cholil bersama Ragil Mahardika dengan Seragam GP Ansor

Sebuah akun Facebook mengunggah foto seolah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sedang bersama Ragil Mahardika yang mengenakan baju GP Ansor dan diklaim merupakan Kader Ansor cabang Jerman.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Resky Mesanto dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: podcast@kbrprime.id sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta: WNA dari Tiongkok Penghuni IKN Berdatangan dengan Pakaian Adat Dayak Kalimantan?

Cek Fakta: Pembina Brimob Saat Ini Namanya Thahir Alias Ang Tjoeng Ming?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.