Featured

Curious Kids: Mengapa laba-laba punya hingga 8 mata sedangkan bagi kita 2 saja cukup?

Mengapa laba-laba membutuhkan enam mata sedangkan kita hanya membutuhkan dua?? – Amos, umur 3, Newcastle, Inggris.


Hai, Amos. Terima kasih atas pertanyaan kamu yang bagus ini.

Hal pertama yang harus kita katakan adalah bahwa meskipun benar bahwa beberapa laba-laba memiliki enam mata, sebagian besar sebenarnya memiliki delapan mata.

Jawaban singkat untuk pertanyaan kamu adalah bahwa hewan telah berevolusi dengan bentuk dan jumlah mata berbeda sehingga akhinya menemukan yang paling cocok dengan dengan kebutuhan mereka


Read more: Curious Kids: What are spider webs made from and how strong are they?


Manusia memiliki dua mata yang menghadap ke depan. Mata kita sangat pandai melihat warna dan bentuk. Memiliki dua mata besar di depan kepala kita berarti mereka dapat bekerja sama untuk menebak seberapa jauh sesuatu itu (kita menyebutnya “perkiraan jarak”). Itu memudahkan kita untuk menangkap hewan lain sehingga kita bisa memakannya.

Laba-laba juga binatang pemburu dan mereka membutuhkan mata yang membantu mereka menemukan dan menangkap makanan mereka. Faktanya, kebanyakan laba-laba tidak dapat melihat dengan baik, sehingga mereka menggunakan sentuhan dan rasa untuk menjelajahi dunia. Tetapi jenis mata yang mereka miliki memberi tahu kita sesuatu tentang makanan yang mereka makan dan kehidupan yang mereka jalani.

Mata laba-laba untuk kehidupan laba-laba

Spesies laba-laba pelompat adalah pemburu aktif, seperti singa kecil yang mengejar mangsanya (yang biasanya serangga). Mereka biasanya memiliki delapan mata: dua mata depan yang sangat besar untuk mendapatkan gambar berwarna yang jelas dan menilai jarak, dan mata samping ekstra untuk mendeteksi ketika ada sesuatu yang bergerak. Berikut adalah gambar laba-laba pelompat yang ada di Australia.

Laba-laba pelompat membutuhkan dua mata besar di bagian depan sehingga mereka dapat menebak seberapa jauh mangsanya. Michael Duncan., Author provided

Beberapa laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsanya. Laba-laba yang melempar jaring ini juga perlu melihat dengan jelas dan memperkirakan jarak yang ada. Beberapa laba-laba telah mengembangkan mata hitam besar yang tampak menakutkan yang menatap lurus ke depan, sehingga mereka dijuluki laba-laba raksasa! Mata raksasa ini membantu laba-laba untuk melihat area yang luas dan secara akurat melemparkan jaring laba-labanya untuk menangkap mangsanya. Berikut adalah gambar laba-laba pelempar jaring.

Laba-laba pelempar jaring ini berasal dari keluarga Deinopis. Titik-titik kecil yang terlihat seperti lubang hidung sebenarnya adalah mata! Michael Duncan, Author provided

Beberapa laba-laba hidup di gua-gua yang benar-benar gelap, di mana mata mereka tidak berguna sama sekali. Mereka harus mengandalkan indera lain untuk bisa menemukan makanan mereka dalam kegelapan. Untuk menghemat energi, laba-laba ini kehilangan mata selama proses evolusi mereka, jadi sekarang beberapa dari mereka tidak memiliki mata sama sekali. Kamu bisa melihat gambar laba-laba seperti itu di sini.

Jadi mengapa kebanyakan laba-laba memiliki banyak mata?

Mata manusia dan mata laba-laba adalah hasil dari evolusi perlahan untuk membantu kita bertahan hidup di lingkungan kita yang berbeda. Salah satu alasan mata manusia berbeda dari laba-laba adalah karena tubuh dan otak kita juga dibangun dengan cara berbeda.

Misalnya, laba-laba tidak memiliki leher. Jadi mereka tidak bisa menoleh untuk melihat hal-hal seperti yang kita bisa lakukan. Memiliki mata ekstra di sekitar kepala mereka adalah salah satu cara laba-laba melihat lebih banyak dunia di sekitar mereka, membantu mereka dengan cepat menemukan mangsa atau pemangsa potensial.

Mata manusia dan mata laba-laba memiliki fungsi yang berbeda. Kedua mata kita sangat kompleks dan pandai melakukan banyak pekerjaan sekaligus, sedangkan laba-laba memiliki jenis mata berbeda yang melakukan pekerjaan berbeda.

Misalnya, mata besar laba-laba pelompat di bagian tengah adalah yang terbaik untuk melihat bentuk, tetapi mata samping yang sederhana memiliki tugas penting untuk mengawasi pemangsa.

Jadi laba-laba bermata dua atau bahkan manusia bermata delapan bukanlah hal yang mustahil. Tapi dua mata yang kita miliki dan delapan mata yang dimiliki kebanyakan laba-laba sangat cocok untuk membantu masing-masing dari kita untuk bertahan hidup.


Read more: Curious Kids: why do spiders have hairy legs?



Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.